Penerapan Verbal Behavior Approach untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif (Intraverbal) Anak Autis Usia 6 Tahun

Nurhayati, . (2022) Penerapan Verbal Behavior Approach untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif (Intraverbal) Anak Autis Usia 6 Tahun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
19 September _Naskah Skripsi_Nurhayati-1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif(intraverbal) dengan menerapkan verbal behavior approach khususnya dalam merespon pertanyaan menggunakan kata tanya apa, siapa dan dimana dengan memberikan jawaban yang tepat secara verbal sesuai dengan indikator yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan autisme usia 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada anak dengan autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan verbal behavior approach dengan kartu bergambar sebagai prompt dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif (intraverbal) dalam merespon pertanyaan apa, siapa dan di mana yang berkiatan dengan kegiatan sheari-hari pada anak dengan autisme. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh anak dengan autisme pada baseline A1 yaitu 1 dari skor maksimal 3, baik pada aspek merespon pertanyaan apa, siapa dan dimana. Sedangkan pada tahap baseline A2 perolehan skor tertinggi yaitu 3 dari skor maksimal 3. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan verbal behavior approach dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif (intraverbal) anak dengan autisme. ************************************************ This study aims to improve expressive language skills (intraverbal) by applying a verbal behavioral approach, especially in responding to questions using the question words what, who and where by giving the right answers verbally in accordance with indicators related to daily activities. The subjects in this study were children with autism aged 6 years. The method used in this study is Single Subject Research using the A-B-A design. Data was collected by giving an oral test to show the ability of children with autism both before the intervention was given, when the intervention was given, and before the intervention was given. Analysis of the data used in this study is analysis in conditions. The results showed that the application of a verbal behavioral approach with picture cards as a prompt can improve expressive (intraverbal) language skills in responding to what, who and where questions related to daily life in children with autism. This can be seen from the score obtained by children with autism at baseline A1, which is 1 out of a maximum score of 3, both in terms of responding to what, who and where questions. While at the baseline stage A2, the highest score was 3 out of a maximum score of 3. So it can be said that the application of the verbal behavior approach can improve the expressive (intraverbal) language skills of children with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Riana Bagaskorowati, M. Si, Ph.D ; 2). Suprihatin, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:02
Last Modified: 15 Oct 2024 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51552

Actions (login required)

View Item View Item