MUHAMAD RAFIUDIN, . (2022) PENDIDIKAN DEMOKRASI DALAM PERSPEKTIF MOHAMMAD HATTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Pendidikan Demokrasi Dalam Perspektif Mohammad Hatta - watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan demokrasi menurut pemikiran Mohammad Hatta adalah (1) Kedaulatan rakyat. (2) Semangat kebangsaan dan kerakyatan yang berkeIndonesiaan perlu ditanamkan sedini mungkin agar nilai keaslian Indonesia tidak tergerus seiring perkembangan zaman. (3) Pemerintahan rakyat yang ideal dapat diwujudkan dengan pertemuan rakyat berdaulat dan pemerintahan yang adil. Pemikiran dan nilai-nilai pendidikan demokrasi ala Mohammad Hatta relevan serta dapat memperkuat PPKn sebagai wahana pendidikan demokrasi dengan mendasarkan pada nilai semangat kebangsaan dan kerakyatan, gotong royong, mufakat, dan kesadaran berbangsa dan bernegara yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan demokrasi di Indonesia. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai-nilai Pendidikan demokrasi yang diajarkan oleh Mohammad Hatta dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran berdemokrasi yang bertujuan untuk kesejahteraan sosial yang dilandasi oleh aspek historis, sosiologis, dan politis Indonesia. Kejelian serta kepekaan Mohammad Hatta dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam proses merumuskan konsep demokrasi ideal, dapat dijadikan sebagai acuan dasar masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi hingga sampai saat ini. *************************************** The research findings show that the values of democratic education according to Mohammad Hatta's thoughts are (1) People's sovereignty. (2) The spirit of Indonesian nationality and populism needs to be instilled as early as possible so that the value of Indonesian authenticity is not eroded along with the times. (3) The ideal people's government can be realized through a meeting of the sovereign people and a just government. The thoughts and values of Mohammad Hatta's democratic education are relevant and can strengthen PPKn as a vehicle for democratic education based on the values of the spirit of nationalism and democracy, mutual cooperation, consensus, and awareness of the nation and state that can improve the quality of democratic life in Indonesia. The conclusion of this study is that the values of democratic education taught by Mohammad Hatta can be used as a reference for learning democracy aimed at social welfare which is based on historical, sociological, and political aspects of Indonesia. Foresight and support for Mohammad Hatta with the conditions and needs of the Indonesian people in the process of formulating the ideal concept of democracy, can be used as the basis of Indonesian society in carrying out democracy until now.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Fauzi Abdillah, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:50 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51615 |
Actions (login required)
View Item |