PENANAMAN NILAI PERSATUAN DI HIGHFIELD SECONDARY SCHOOL DUREN SAWIT

MUHAMMAD SADDAM ALKINTANOV, . (2022) PENANAMAN NILAI PERSATUAN DI HIGHFIELD SECONDARY SCHOOL DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Draft Skripsi Muhammad Saddam Alkintanov (Cetak 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai persatuan yang ditanamkan pada peserta didik di Highfield Secondary School Duren Sawit berupa menghargai bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia, nilai yang menjunjung tinggi persatuan dengan mengembangkan rasa nasionalisme dan toleransi, menjunjung tinggi nilai gotong royong, nilai tenggang rasa, nilai kebersamaan, serta manajemen sikap dalam menangani konflik. Dalam prosesp penanaman nilai persatuan pada siswa, faktor yang mempengaruhi berupa pemanfaatan perkembangan teknologi oleh guru, kegiatan observasi di luar kelas, cara guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang damai, serta penguatan karakter guru sebagai role model bagi peserta didik. Yang mana pada aktivitas tersebut dianggap dapat merangsang peserta didik untuk menerapkan nilai persatuan pada kesehariannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Highfield Secondary School membuat dan melaksanakan berbagai program dengan tujuan untuk menumbuhkan beberapa nilai yang merujuk kepada nilai persatuan. Sementara itu, proses guru dalam menanamkan nilai persatuan melalui beragam aktfitas dan kegiatan yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas serta penguatan karakter guru sebagai sesosok teladan. ********************************** reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings of this study indicate that the values of unity instilled in students at Highfield Secondary School Duren Sawit are in the form of respecting the language of unity, namely Indonesian, values that uphold unity by developing a sense of nationalism and tolerance, upholding the value of gotong royong, the value of tolerance, the value of togetherness, and attitude management in dealing with conflict. In the process of inculcating the value of unity in students, the influencing factors are the use of technological developments by the teacher, observation activities outside the classroom, the way the teacher creates a peaceful learning process, and strengthening the character of the teacher as a role model for students. Where these activities are considered to stimulate students to apply the value of unity in everyday life. The conclusion of this research is Highfield Secondary School makes and implements various programs with the aim of growing some values that refer to the value of unity. Meanwhile, the teacher's process in instilling the value of unity through various activities and activities carried out in the classroom and outside the classroom as well as strengthening the teacher's character as a role model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1).Dr. Tjipto Sumadi, M. Si, M. Pd. ; 2). Iqbal Syafrudin, M.I.P.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:42
Last Modified: 17 Oct 2024 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51629

Actions (login required)

View Item View Item