NATASYA OCTAVIANI EMNUR, . (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HAK ASASI POLITIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kualitatif di SMAN 89 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI Natasya Octaviani Emnur 1401618099.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apa saja yang berkaitan dengan hak asasi politik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas 11 dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengajarkan materi hak asasi politik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 89 Jakarta. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Wawancara dilakukan dengan dua orang informan dari guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang ada di SMA Negeri 89 Jakarta serta 12 orang murid kelas 11, dan didukung oleh satu orang key informant yang menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum lalu divalidasi oleh satu orang expert opinion yakni dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun teknik kalibrasi data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi yang berkaitan dengan hak asasi politik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikelas 11 ada pada BAB1, BAB 2, BAB 4, dan BAB 5, serta dalam prosesnya guru menggunakan metode diskusi, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas yang didukung oleh penggunaan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Materi yang dikatakan berkaitan dengan hak asasi politik merupakan hasil penyesuaian antara K.I dan K.D disetiap materinya yang mendukung terlaksananya hak asasi politik. Serta dalam proses pembelajarannya, metode dan media disesuaikan dengan materi yang disampaikan serta keadaan murid dan guru agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI, materi yang berkaitan dengan hak asasi politik terdapat pada 4 BAB dan dalam prosesnya menggunakan empat metode pembelajaran yang difasilitasi dengan media pembelajaran berbasis teknologi. **************************** This study aims to find out what material is related to political human rights in Pancasila and Citizenship Education subjects in grade 11 and the learning process carried out by teachers in teaching political rights material in Pancasila and Citizenship Education subjects at SMA Negeri 89 Jakarta. The approach used in this research is qualitative with descriptive method. In this study, the data collection techniques used were observation, interviews, and document studies. Interviews were conducted with two informants from Pancasila and Citizenship Education teachers at SMA Negeri 89 Jakarta and 12 11th grade students, and supported by one key informant who served as Deputy Principal for Curriculum Sector and then validated by one expert opinion, namely the lecturer. Pancasila and civic education. The data calibration technique used in this study is source triangulation and technical triangulation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the material related to political rights in the subjects of Pancasila and Citizenship Education in grade 11 was in Chapter 1, Chapter 2, Chapter 4, and Chapter 5, and in the process the teacher used the methods of discussion, lecture, question and answer, and assignment. which is supported by the use of learning media to achieve effective and efficient learning objectives. The material that is said to be related to political human rights is the result of adjustments between K.I and K.D in each of their materials that support the implementation of political human rights. As well as in the learning process, methods and media is adjusted to the material presented and the circumstances of students and teachers in order to achieve effective and efficient learning objectives. The conclusion of this study is that in the subject of Pancasila and Citizenship Education in class XI, material related to political rights is contained in 4 chapters and in the process uses four learning methods facilitated by technology-based learning media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dwi Affrimety, S.H., M.H. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd, M.A. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 08:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 08:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51643 |
Actions (login required)
View Item |