DHIA RAHID, . (2020) HUBUNGAN RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (177kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (310kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS .pdf Download (235kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (267kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (222kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
Abstract
Sains berperan penting dalam kehidupan masyarakat modern dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Literasi sains menjadi suatu kemampuan yang harus dimiliki agar mampu berpikir logis, berpikir kritis dan kreatif, mampu memecahkan masalah, menguasai teknologi serta adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman. Keingintahuan tentang sains akan mendukung literasi sains seseorang. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui proses membaca. Kemampuan membaca yang baik akan mendukung seseorang untuk memahami konten sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa ingin tahu dan kemampuan membaca pemahaman dengan literasi sains siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 98 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020, metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Data dianalisis dengan uji signifikansi korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara rasa ingin tahu dengan literasi sains, terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan literasi sains, terdapat hubungan positif signifikan antara rasa ingin tahu dan kemampuan membaca pemahaman dengan literasi sains. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi rasa ingin tahu dan kemampuan membaca pemahaman siswa maka semakin tinggi kemampuan literasi sains siswa. Science is important in the life of modern society in an effort to meet their needs. Science literacy becomes a necessity that must be possessed to be able to think logically, think critically and creatively, be able to solve problems, master technology and adapt to changes and developments of the times. Curiosity about science will support one's scientific literacy. Knowledge can be obtained through various methods, one of which is through the process of reading. Supporting good reading will support someone to support science content. This study aims to understand the relationship between curiosity and reading comprehension ability with high school student science. This research was conducted at SMA Negeri 98 Jakarta in semester 1 of the 2019/2020 school year, this research method uses the correlational method. Data were analyzed by using the multiple correlation test. The results showed that there was a significant positive relationship between curiosity with scientific literacy, there was a significant positive relationship between reading comprehension skills with literacy science, there was a significant positive relationship between curiosity and reading comprehension skills with scientific literacy. This shows the higher curiosity and reading comprehension ability of students, the higher the literacy ability of students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si. ; 2) Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 730 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 13:48 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 13:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5165 |
Actions (login required)
View Item |