NUR SITI KHADIJAH, . (2022) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS PPKN SMP KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Nur Siti Khadijah 4115142422 085715048982.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah mengguanakan metode kualitatif deskriptif. Salah satu jenis penelitian kualitatif adalah content analysis. Content analysis adalah salah satu metode dalam penelitian yang diterapkan pada bahan tertulis atau visual yang dianalisis dapat berupa buku teks, surat kabar/koran, halaman web, seminar, program televisi, iklan, atau jenis dokumen lainnya. Penelitian ini mengambil sumber data dari buku teks PPKn kurikulum 2013 pegangan peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat kedelapan belas nilai pendidikan karakter di dalam buku teks PPKn kelas VIII, namun tidak ada satu pun bab yang memuat secara menyeluruh delapan belas nilai pendidikan karakter bangsa, yang mendekati adalah di bab IV yang mana terdapat enam belas nilai pendidikan karakter. Persebaran nilai-nilai pendidikan karakter bangsa disetiap bab tidak merata sama banyaknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya kedelapan belas muatan nilai-nilai pendidikan karakter di dalam buku teks PPKn pegangan peserta didik kelas VIII secara umum, sehingga buku teks ini layak dan baik untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar di sekolah. Meskipun di masing-masing bab tidak ada yang murni memiliki kedelapan belas nilai-nilai pendidikan karakter bangsa tersebut. ************************************ The method used in this study is to use descriptive qualitative methods. One type of qualitative research is content analysis. Content analysis is one of the methods in research that is applied to written or visual materials that are analyzed can be textbooks, newspapers, web pages, seminars, television programs, advertisements, or other types of documents. This study took data sources from the Pancasila and Citizenship Education textbook curriculum 2013 handbook for class VIII students The results showed that eighteen values of the nation's character were already contained in the textbooks of students in the subject of Pancasila and Citizenship Education, junior high school class VIII curriculum 2013, however, not a single chapter contains the entirety of the eighteen characters values of the nation, what is close to is that in chapter IV there are sixteen characters values. The distribution of the values of the nation's character in each chapter is not evenly distributed equally. The conclusion of this study is that there are eighteen contentes of character education values in the PPKn textbook for class VIII students in general, so that this textbook is worthy and good to be used as one of the teaching materials in schools. Although in each of the chapters nothing purely has all the eighteen values of the character of the nation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51653 |
Actions (login required)
View Item |