STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER KERJA KERAS DAN MANDIRI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kualitatif Pada Kelas VIII SMPN 92 Jakarta)

PUTRI TRI LESTARI, . (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER KERJA KERAS DAN MANDIRI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kualitatif Pada Kelas VIII SMPN 92 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FINAL& WISUDA 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan Guru Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan karakter kerja keras dan mandiri peserta didik pada masa pandemi covid-19 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif Data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 Guru Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan 6 peserta didik SMP Negeri 92 Jakarta Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Guru Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah bagus, terlihat bahwa (1) strategi perencanaan Guru mempersiapkan secara terorganisasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media, absensi kehadiran siswa, buku catatan nilai siswa (2) strategi pelaksanaan, Guru menyampaikan materi dengan menyenangkan dan memanfaatkan beberapa media teknologi seperti Whatsapp, Zoom Meeting, Google Classroom, Quizizz, Zenius, buku PPKn kurikulum 13. Adapun metode yang diguanakan adalah metode ceramah, Tanya Jawab, Resitasi, serta pemberian tugas kepada peserta didik (3) strategi evaluasi, Guru memberi penilaian kemampuan akademik peserta didik kemudian memberikan bimbingan terhadapan peserta didik yang kurang dalam memahami materi. Kesimpulan dalam penelitian adalah bahwa Guru Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan karakter kerja keras dan mandiri terhadap peserta didik pada masa pandemi covid-19 adalah dengan cara berusaha untuk dapat mengoptimalkan strategi perencanaan, strategi pelaksanaan, dan strategi evaluasi pembelajaran. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran Guru Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik khususnya dalam pembentukan karakter kerja keras dan mandiri peserta didik. ************************************ The purpose of this study was to describe the strategies applied by Pancasila and Citizenship Education Teachers in strengthening the hard and independent character of students during the covid-19 pandemic. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data obtained through collection techniques, namely observation, interviews and documentation, The informants in this study were the principal, 2 Pancasila and Citizenship Education Teachers and 6 students at SMP Negeri 92 Jakarta. Data analysis techniques used data reduction, data presentation and conclusion drawing. it can be seen that (1) the planning strategy of the teacher prepares in an organized way the lesson plan (RPP), media, student attendance, student grade notes (2) implementation strategy, the teacher conveys the material in a fun way and utilizes several technology media such as WhatsApp, Zoom Meeting, Google Classroom, Quizizz, Zenius, curriculum 13 Civics Education book. The methods used are lecture method, question and answer, recitation, and assigning assignments to students (3) evaluation strategy, teacher assessing academic ability students then provide guidance to students who are less in understanding the material. The conclusion in the study is that Pancasila and Citizenship Education Teachers in strengthening the character of hard work and independence for students during the covid-19 pandemic is by trying to optimize planning strategies, implementation strategies, and learning evaluation strategies. Thus, in the learning process, Pancasila and Citizenship Education Teachers can develop the potential possessed by students, especially in the formation of students' hard-working and independent characters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., MA
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:14
Last Modified: 18 Oct 2024 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51666

Actions (login required)

View Item View Item