PERAN LOBBY AMBASSADOR DALAM MELAYANI TAMU DI THE RITZ-CARLTON HOTEL JAKARTA PACIFIC PLACE

SEKAR DARA AYU RIYADI, . (2022) PERAN LOBBY AMBASSADOR DALAM MELAYANI TAMU DI THE RITZ-CARLTON HOTEL JAKARTA PACIFIC PLACE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TA SEKAR DARA AYU RIYADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dewasa ini, sektor pariwisata menjadi hal yang dinanti-nanti bagi semua kalangan. Hal tersebut yang mendukung pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa tertinggi di Indonesia. Berbagai unsur pariwisata dari mulai Objek Wisata, Restaurant, Transportasi, MICE, dan juga Akomodasi . Akomodasi merupakan tempat tinggal sementara bagi seseorang yang dapat berupa Losmen, Perkemahan, Cottage, Caravan, dan salah satunya adalah Hotel. Saat ini, Perhotelan menjadi salah satu sektor perekonomian yang penting bagi negara Indonesia. Seiring kemajuan dan berkembangnya zaman telah mempengaruhi jenis, macam, dan banyaknya fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dan harus disediakan oleh pengusaha pada bidang akomodasi tidak hanya itu kebutuhan masyarakat pun juga semakin beragam. Tuntutan berbagai kebutuhan manusia mulai dari aspek keindahan, kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan salah satunya yang paling penting adalah pelayanan. Kepuasan tamu terhadap suatu hotel tersebut bergantung dari bagaimana pelayanan yang diberikan oleh sumber daya manusia yang ada di hotel tersebut. Salah satu divisi penting yang membangun citra perusahaan hotel tersebut adalah Front Office. Salah satu hotel di tengah Ibukota yaitu The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place terdapat Lobby Ambassador yang termasuk dalam departemen Front Office, peranan Lobby Ambassador ini merupaan salah satu inovasi yang dapat meningatkan kualitas pelayanan dalam suatu hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya peran Lobby Ambassador di Hotel The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place dalam melayani tamu dan dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Dengan pengambilan data melalui observasi dan studi pustaka, diharapkan hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa peranan Lobby Ambassador dapat mengukur kepuasan tamu dan faktor utama yang mempengaruhi hal tersebut adalah dari segi pelayanan atau hospitality *********************************** In this modern era, the Tourism Sector is something that people look forward to. This supports tourism to become one of the highest foreign exchange achievers in Indonesia. The elements of tourism varies from attractions, restaurants, transportation, MICE, and also accommodation. Accommodation is a temporary residence for someone which can be in the form of Inns, Campgrounds, Cottages, Caravans, and one of them is a Hotel. Currently, Hospitality is one of the most important economic sectors for Indonesia. Along with the progress and development of the times, it has influenced the types, types, and numbers of facilities needed and must be provided by entrepreneurs in the accommodation sector, not only that, the needs of the community are also increasingly diverse. The demands of various human needs ranging from aspects of beauty, cleanliness, security, comfort, and one of the most important is service. Guest satisfaction with a hotel depends on how the services provided by the human resources in the hotel. One of the important divisions that builds the hotel's corporate image is the Front Office. One of the hotels in the middle of the capital, namely The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, has a Lobby Ambassador which is included in the Front Office department, the role of this Lobby Ambassador is one of the innovations that can improve the quality of service in a hotel. This study aims to determine how important the role of the Lobby Ambassador at The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place is in serving guests and in improving the quality of their services. By collecting data through observation and literature study, hopefully the results of this study can show that the role of the Lobby Ambassador can measure satisfaction of the hospitality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par.
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:14
Last Modified: 18 Oct 2024 08:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51691

Actions (login required)

View Item View Item