ANALISIS SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENJUALAN PRODUK HAJI PLUS DI PT. FAJRUL IKHSAN WISATA (ESQ TOURS TRAVEL)

SELSABELLA FITRIANA, . (2022) ANALISIS SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENJUALAN PRODUK HAJI PLUS DI PT. FAJRUL IKHSAN WISATA (ESQ TOURS TRAVEL). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SELSABELLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran COVID-19 membuat banyak sektor mengalami kejatuhan, pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak. Wisata religi merupakan bagian dari pariwisata yang juga turut mengalami kejatuhan. Haji merupakan ibadah umat islam yang dalam penyelenggaraannya termasuk kedalam wisata religi, dianggap sebagai wisata religi yang tidak akan pernah kehilangan peminatnya karena adanya unsur spiritual dalam pelaksanaannya. Namun dengan adanya pandemi global COVID-19, pendaftar haji di Indonesia mulai mengalami penurunan hingga sebanyak 50 %. Dampak akibat pandemi pun juga berpengaruh terhadap travel penyelenggara haji dan umrah, banyak dari travel-travel tersebut beralih bisnis atau menutup usahanya. ESQ Tours Travel merupakan salah satu travel yang masih bertahan ditengah pandemi, bahkan menemukan upaya untuk membantu penjualan produk haji plus, yaitu dengan penerapan CRM. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem CRM dalam penjualan produk haji plus di ESQ Tours Travel, melihat kelebihan serta kekurangan dalam penerapan sistem tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CRM berperan besar dalam pelaksanaan proses penjualan produk haji namun masih terdapat kendala pada sistem yang tidak sepenuhnya otomatis ************************************** The presence of COVID-19 has caused many sectors to fall, tourism is one of the sectors affected. Religious tourism is part of tourism which also experienced a fall. Hajj is a Muslim worship which in its implementation is included in religious tourism, is considered a religious tourism that will never lose its devotees because of the spiritual element in its implementation. However, with the global COVID-19 pandemic, Hajj registrants in Indonesia began to experience a decline of up to 50%. The impact of the pandemic also affects travel for Hajj and Umrah organizers, many of whom have switched businesses or closed their businesses. ESQ Tours Travel is one of the travel companies that is still surviving in the midst of a pandemic, even finding efforts to help sell Hajj Plus products, namely by implementing CRM. The purpose of this study is to analyze the CRM system in the sale of Hajj plus products at ESQ Tours Travel, to see the advantages and disadvantages of implementing the system. The method used in this research is descriptive qualitative The results of this study indicate that CRM plays a major role in the implementation of the Hajj product sales process, but there are still obstacles in the system that is not fully automated

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M. Par
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:20
Last Modified: 18 Oct 2024 08:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51692

Actions (login required)

View Item View Item