PERANCANGAN KONTEN DIGITAL CAMPAIGN “GREEN TOURISM” DI TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN

SEPTI RINAYANTI, . (2022) PERANCANGAN KONTEN DIGITAL CAMPAIGN “GREEN TOURISM” DI TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bismillah FIX TUGAS AKHIR_SEPTI RINAYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perancangan dan hasil penciptaan konten digital campaign “green tourism” di Taman Wisata Candi Prambanan yang dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi. Teknik pengumpulan data ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan wawancara, melakukan observasi, dan dokumentasi. Pembangunan pariwisata di Indonesia kini menggunakan konsep pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Terdapat salah satu bentuk dari pariwisata berkelanjutan yaitu green tourism. Green tourism merupakan kegiatan wisata dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan, melindungi cagar budaya, meningkatkan ekonomi, dan mensejahterakan masyarakat. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan ratu boko biasa disebut PT Taman Wisata Candi atau PT TWC merupakan salah satu perusahaan heritage management yang menerapkan konsep green tourism pada destinasi yang dikelolanya terutama di Taman Wisata Candi prambanan yang merupakan candi peninggalan kebudayaan Hindu yang terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk turut berkontribusi dalam pelestarian cagar budaya dan alam serta melibatkan wisatawan PT TWC memasarkan programnya yaitu kampanye positif dengan perancangan melalui pemasaran konten digital bertemakan green tourism. Kesimpulan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah bahwa perancangan konten digital yang dilakukan oleh PT TWC dalam kampanye green tourism di Candi Prambanan yaitu perancangan pembuatan konten jenis text berupa artikel pengolahahan sampah organic dan jenis video berupa video footage eco transportation di Candi Prambanan yang dimulai dengan tahapan segmentasi, targeting, penentuan goals, pembuatan storyline, penentuan ide, editing, pengecekan dan validasi, serta publikasi melalui platform digital milik perusahaan *********************************** This research aims to find out how the design and results of creating digital content campaign "green tourism" in the Prambanan temple tourism park are carried out. by Pt Taman Wisata Candi. This data collection technique was carried out using descriptive qualitative methods, namely by interviewing the staff of PT Taman Wisata Candi, conducting observations, and documentation. Tourism development in Indonesia is now using a new paradigm, namely sustainable tourism or sustainable tourism. There is one form of sustainable tourism, namely green tourism. Green tourism is a tourism activity with the aim of preserving the environment, protecting cultural heritage, improving the economy, and prospering the community. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, and Ratu Boko, commonly called PT Taman Wisata Candi or PT TWC, is a heritage management company that applies the concept of green tourism to the destinations it manages, especially at the Prambanan Temple Tourism Park. located in Sleman district, Yogyakarta. To contribute to the preservation of cultural and natural heritage and involve PT TWC tourists market their program, namely the positive campaign by designing through marketing digital content with the theme of green tourism. The conclusion of writing this Final Project is that the design of digital content that has been carried out by PT TWC in the campaign, green tourism at Prambanan Temple is the design of text-type content creation in the form of video organic waste processing articles in the form of video footage of eco-transportation at Prambanan Temple which begins with the segmentation stage, targeting, setting goals, making storylines, determining ideas, editing, checking and validation, and publishing through the company's digital platform.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rezka Fedriana, SST. Par, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:29
Last Modified: 18 Oct 2024 08:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51694

Actions (login required)

View Item View Item