SUKIMAN, . (2022) MEMERIKSA KLAIM GERAKAN SOSIAL (Studi Kasus: Gerakan Sosial Pendidikan, Indonesia Mengajar, Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI BAB I-V FULL SUKIMAN_FINAL.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian di dapat dari hasil observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Subjek penelitian adalah 5 relawan Gerakan Indonesia Mengajar yang telah satu tahun di tempatkan di daerah 3T. Untuk memperkaya data, peneliti juga menganalisis beberapa sumber lain, terutama studi pustaka yang banyak terekam dalam website dan juga penelitian-penelitian sebelumnya mengenai gerakan sosial ini. Penelitian ini dilakukan dari November, 2020 hingga Desember, 2021 untuk pengumpulan dan analisis data—diperbaharui sesuai dengan temuan dari lapangan. Berdasarkan temuan lapangan, penulis menyimpulkan bahwa dari dua tujuan gerakan yaitu mendorong perubahan di bidang pendidikan dan proses belajar kepemimpinan—tujuan yang kedua lebih dominan sebagai dampak dari gerakan. Hal tersebut terlihat dari fungsi kegiatan ini yang lebih melayani peningkatan pengalaman, karier, dan jaringan dari relawan daripada masyarakat itu sendiri. Selain itu, gerakan ini juga dianggap memiliki agenda politik praktis yang erat hubungannya dengan pendiri gerakan, yaitu Anies Baswedan. Maka dari itu klaim gerakan sosial yang dibawa oleh gerakan ini patut diragukan. Hal itu dibuktikan dari beberapa temuan penulis yang justru melihat gerakan ini sebagai kegiatan pelatihan kepemimpinan daripada gerakan untuk mengubah wajah pendidikan menjadi lebih baik. **************************************** This research uses a case study approach. Research data can be obtained from observations, in-depth interviews, and literature studies. The research subjects were 5 volunteers from the Indonesian Teaching Movement who had been stationed in the 3T area for one year. For data, the researcher also analyzed several other sources, especially literature studies that are widely recorded on websites and previous research on social research. This research was conducted from November 2020 to December 2021 for data collection and analysis—updated according to findings from the field. Based on the field, the authors conclude that the two goals of the movement are to promote change in education and the learning process of leadership—the second goal is more dominant as a result of the movement. This can be seen from the function of this activity which serves to increase the experience, career, and network of volunteers rather than the community itself. In addition, this movement is also considered to have a practical political agenda that is closely related to the founders of the movement, namely Anies Baswedan. Therefore, the social claims movement brought by this movement should be doubted. This shows from some of the authors' findings that they see this movement as a training activity rather than changing the face of education for the better.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuanita Aprilandini Siregar, M.Si. ; 2). Abdil Mughis Mudhoffir, PhD |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51707 |
Actions (login required)
View Item |