ZAHID UMAIR, . (2022) POLA PENGASUHAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAFAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_Zahid Umair (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif ialah metode yang menghasilkan data berupa kata-kata, tulisan, dan gambar. Pada teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan observasi. Adapun untuk pengambilan sampel penelitian menggunakan metode Cluster Random Sampling. Untuk tempat dan objek penelitian penulis melakukannya di Pondok Pesantren Rafah dan mengambil ustadz bagian pengasuhan santri serta santri kelas 3 dan 4 TMI sebagai sumber data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis dapat disimpulkan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan di pondok pesantren Rafah memiliki peran dalam pembentukan karakter mandiri santri di tiap empat aspek pola pengasuhan yaitu; pengawasan membentuk tanggung jawab dan disiplin, komunikasi membentuk inisiatif diri , disiplin membentuk kepribadian yang disiplin, dan reward and punishment membentuk sifat tidak bergantung, percaya diri, serta memiliki kontrol diri . selain dari keempat aspek tersebut, karakter mandiri santri terbentuk juga oleh beberapa hal seperti kebijakan pondok pesantren, kegiatan, dan contoh baik yang dilakukan oleh ustadz dan kyai. ********************************** This research uses descriptive qualitative research. Qualitative research is a method that produces data in the form of words, writing, and pictures. In data collection techniques using the method of observation, interviews, and observations. As for the research sample using the Cluster Random Sampling method. For the place and object of research, the author did it at the Rafah Islamic Boarding School and took the ustadz for the care of students and students in grades 3 and 4 of TMI as a data source. The results obtained by the authors can be concluded that the parenting pattern applied in the Rafah Islamic boarding school has a role in the formation of the independent character of students in each of the four aspects of parenting patterns, namely; supervision forms responsibility and discipline, communication forms self-initiative, discipline forms a disciplined personality, and reward and punishment forms independence, self-confidence, and self-control. apart from these four aspects, the independent character of the santri is also formed by several things such as the policies of the Islamic boarding school, activities, and good examples carried out by ustadz and kyai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardhiah, M.A. ; 2). Sari Narulita, M.Si |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:41 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51731 |
Actions (login required)
View Item |