Ayyi Ayra Razak, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
1304618022 - Ayyi Ayra Razak.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu parameter dari tercapainya tujuan pembelajaran. Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh sehingga penyampaian materi secara kooperatif dan interaktif menjadi terhambat. Pembelajaran yang tidak interaktif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang dianggap tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 44 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa dengan kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji Mann-whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan signifikansi sebesar 0. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe GI berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. ********** Learning outcomes are one of the parameters of the achievement of learning objectives. The Covid-19 pandemic caused learning to occur remotely, so the delivery of study material cooperatively and interactively is hampered. noninteractive learning can affect student learning outcomes, hence appropriate learning models and media are needed. This study aims to determine the effect of using an e-learning-based GI (Group Investigation) type cooperative learning model on student learning outcomes on the material of blood circulation system. This research was carried out in the odd semester of the 2021/2022 academic year at SMA Negeri 44 Jakarta. This type of research is quantitative with a quasiexperimental method and a pretest-posttest non-equivalent control group design. The sample in this study amounted to 67 students with 34 students in the experimental class and 33 students in the control class. The data analysis technique used was the Mann-Whitney test. This means that there is an effect of using the GI type cooperative model based on e-learning on student learning outcomes on the material of the circulatory system.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eka Putri Azrai, S.Pd.,M.Si. ; 2). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |