BERNADETTA ERSI PURWANDARI, . (2022) PENERAPAN PjBeL SAVE MY PLANT PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MEMECAHKAN MASALAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TESIS Bernadetta Ersi Purwandari_1312819016 .pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan memecahkan masalah adalah dua dari banyak keterampilan yang dibutuhkan di abad 21. Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan generasi yang siap menghadapi abad 21 dengan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan memecahkan masalah. Model pembelajaran Project Base learning bersumber pada permasalahan kontekstual di sekitar peserta didik dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan memecahkan masalah. Era teknologi ditambah dengan kondisi pandemi yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh membuat pembelajaran harus dilakukan secara online. Project Base e-learning (PjBeL) merupakan model pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan secara online learning. Penelitian mengenai pengaruh Project Base e-Learning (PjBeL) Save My Plant terhadap keterampilan berpikir kreatif dan memecahkan masalah pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini dilakukan di kelas XII SMA Pangudi Luhur II Servasius Bekasi selama Maret 2021 hingga Juli 2022. Analisis dilakukan dengan uji hipotesis ANAKOVA pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBeL Save My Plant dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan memecahkan masalah pada peserta didik SMA Pangudi Luhur II Servasius. Peserta didik yang memperoleh model PjBeL Save My Plant memiliki keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan memecahkan masalag lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan model pembelajaran PjBL konvensional. ****************************************** Creative thinking and problem solving skills are two of the many skills needed in the 21st century. Education has a responsibility to prepare a generation that is ready to face the 21st century with learning models that can foster creative thinking skills and problem solving skills. The Project Base learning learning model that is based on contextual problems around students can foster creative thinking skills and problem solving skills. The era of technology combined with pandemic conditions that require distance learning causes learning to be done online. Project Base e-learning (PjBeL) is a project-based learning model that is carried out online learning. Research on the effect of the project base e-learning (PjBeL) Save My Plant on creative thinking skills and problem solving skills on plant growth and development materials was executed at Pangudi Luhur II Servasius High School Bekasi during March 2021 to July 2022. The analysis was carried out by testing the ANAKOVA hypothesis on significance level = 0.05. The results showed that PjBeL Save My Plant could improve creative thinking skills and problem solving skills in Pangudi Luhur II Servasius High School students. Students who obtained the PjBeL Save My Plant model had better creative thinking skills and problem-solving skills compared to students with conventional PjBL learning models.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Supriyatin, M.Si.; 2). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51814 |
Actions (login required)
View Item |