ODUL DIGITAL FLUIDA BERBASIS STEM (MD-FISTEM) SEBAGAI BAHAN AJAR FISIKA

DEA AMELIA, . (2022) ODUL DIGITAL FLUIDA BERBASIS STEM (MD-FISTEM) SEBAGAI BAHAN AJAR FISIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berupa modul digital fluida berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) sebagai bahan ajar. Modul digital yang dikembangkan berisi materi fluida dinamis. Konten dalam modul digital ini didukung dengan gambar, video, animasi, praktikum dan proyek sederhana serta evaluasi pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran peserta didik secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Langkah-langkahnya adalah melakukan analisis kebutuhan, merancang media, menghasilkan dan memvalidasi media, mempersiapkan lingkungan belajar dan menilai kualitas instruksional media. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh ahli materi pembelajaran diperoleh rata-rata persentase keseluruhan aspek sebesar 93% dan hasil uji validasi ahli media diperoleh rata–rata presentase keseluruhan aspek sebesar 87%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka interpretasi dari keseluruhan aspek menunjukkan sangat valid sesuai dengan tabel interpretasi. Selanjutnya hasil uji coba pengguna oleh guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dan uji coba pengguna oleh peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 79%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul digital fluida yang dikembangkan sangat valid digunakan sebagai bahan ajar fisika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.; 2). Lari Sanjaya, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:01
Last Modified: 30 Oct 2024 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51828

Actions (login required)

View Item View Item