JULIA JASMIN RIFKA HAYATI, . (2022) VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS REFUTATION TEXT PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Miskonsepsi menjadi salah satu penyebab menurunnnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Bahan ajar berstuktur refutation text terbukti mampu mereduksi jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Namun, sebagai sumber belajar tertulis, refutation text memiliki keterbatasan dalam memodelkan suatu konsep. Penggunaan video dalam pembelajaran fisika akan sangat membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep yang bersifat abstrak dan kompleks. Salah satu materi pada pembelajaran fisika yang banyak terjadi miskonsepsi yakni materi suhu dan kalor, khususnya pada konsep suhu, kalor, transfer kalor dan perubahan suhu juga konsep sifat termal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berstruktur refutation text pada materi suhu dan kalor dalam pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode Research and Developement (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa video pembelajaran yang menggunakan konsep refutation text pada materi suhu dan kalor. Hasil dari penelitian ini berdasarkan rata-rata persentase uji validasi materi sebesar 87%, uji validasi media sebesar 85%, uji validasi pembelajaran sebesar 93% serta uji coba produk kepada pendidik sebesar 94% dan uji coba produk kepada peserta didik sebesar 92%. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh sebesar 90%, sehingga video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak. ************************************************************ Misconceptions are one of the causes of the decline in student learning outcomes to be low. Refutation text structured teaching materials are proven to be able to reduce the number of students who experience misconceptions. However, as a written learning resource, refutation text has limitations in modeling a concept. The use of video as a medium in learning physics will greatly assist students in understanding abstract and complex concepts. One of the materials in physics learning that has many misconceptions is temperature and heat, especially on the concepts of temperature, heat, heat transfer and temperature changes as well as the concept of thermal properties. Therefore, this study aims to produce a refutation text structured learning video on temperature and heat material in physics lessons. This research was conducted by applying the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The findings of this study are based on an average of 89% of material validation tests, 85% of media validation tests, 93% of learning validation tests, and 94% of educator product trials and 89% of student product trials. With an overall average value obtained of 90%, so the learning video developed is declared very feasible
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Esmar Budi, M.T.; 2). Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 07:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 07:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51980 |
Actions (login required)
View Item |