SITI NURHALIZA, . (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN PPKn KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER SKRIPSI_SITI NURHALIZA.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (128kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (364kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
MOTTO DAN LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI SCAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik multimedia untuk pembelajaran PPKn kelas II sekolah dasar. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yakni, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini yaitu tiga belas peserta didik kelas II sekolah dasar, dan tiga orang ahli yakni ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD elektronik multimedia pada tahap expert review untuk uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat baik, uji ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan uji ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Kemudian hasil uji coba lapangan pada tahap one to one mendapatkan persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, pada tahap small group mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan pada tahap field test mendapatkan persentase sebesar 97% dengan kriteria sangat baik, sehingga secara keseluruhan mendapat nilai rata-rata sebesar 95% yang berarti kelayakan LKPD termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Oleh karena itu, LKPD elektronik multimedia ini dapat dikatakan valid dan layak digunakan untuk pembelajaran PPKn di kelas II sekolah dasar. ************* This research and development aims to produce multimedia electronic student worksheet for civics learning in second grade elementary schools. The type of model used in this research is the ADDIE development method which consist of five stage of development, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The techniques of collecting data used in this research are observation, interviews, and questionnaires. The respondents in this development were thirteen second grade elementary school students, and three experts, namely media experts, material experts, and language experts. The results indicate that electronic student worksheet with multimedia content at the expert review stage for the media expert test got a percentage of 96% with very good criteria, the material expert test got a percentage of 94% with very good criteria, and the linguist expert test got a percentage of 96% with very good criteria. Then the results of field trials at the one to one stage get a percentage of 92% with very good criteria, at the small group stage get a percentage of 94% with very good criteria, and at the field test stage get a percentage of 97% with very good criteria, so overall it gets an average score of 95% which means the eligibility of LKPD included in the very good criteria. Therefore, this multimedia electronic student worksheet can be said to be valid and feasible to use in civics learning in second grade elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52005 |
Actions (login required)
View Item |