PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

MARDIAN CHANDRA, . (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI di SMA Diponegoro 1 Jakarta pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) materi trigonometri semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih 144 sampel siswa SMA Diponegoro 1 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar sebanyak 30 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 4 butir soal. Instrumen tersebut telah melalui uji konstruk, isi, dan empiris sebelum digunakan. Koefisien reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk angket kemandirian belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis secara berturut-turut didapat 0,9065 dan 0,6596. Berdasarkan perhitungan, data hasil penelitian berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Diponegoro 1 Jakarta. Koefisien determinasi sebesar 0,101 atau 10,1% menunjukkan bahwa keragaman kemampuan pemecahan masalah matematis yang dapat dijelaskan oleh kemandirian belajar ******************************************************

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M. Si.; 2). Tian Abdul Aziz, Ph. D.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Nov 2024 08:31
Last Modified: 08 Nov 2024 08:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52033

Actions (login required)

View Item View Item