STUDI TENTANG PENERAPAN LESSON STUDY PADA MATERI SISTEM KOLOID

MUHAMAD NUR KHOLIS, . (2022) STUDI TENTANG PENERAPAN LESSON STUDY PADA MATERI SISTEM KOLOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muhamad Nur Kholis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses lesson study pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilaksanakan di SMAN 26 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subyek penelitian terdiri dari 35 orang siswa kelas XI MIPA 1. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Implementasi lesson study dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu plan, do, dan see. Hasil dari penelitian ini untuk membandingkan kemampuan guru dalam membimbing siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan lesson study. Hasilnya, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat. Misalnya kemampuan membimbing merumuskan masalah meningkat dari awalnya 42,5% menjadi 56,25%. Peningkatan ini juga terjadi pada kemampuan melakukan percobaan, menganalisis dan menyajikan hasil, dan berkomunikasi. Berdasarkan data tersebut kegiatan lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing siswa. ********************************** This study aim to determine how the lesson study process on colloid system. The study was conducted at SMAN 26 Jakarta in 2018/2019 academic year with the subject consisting of 35 students XI MIPA 1. The study was conducted using descriptive qualitative method by collecting data through documentation, observation, and interview. The implementation of lesson study is carried out through three steps, there are plan, do, and see. The results of this study is to compare the teacher's abilities to guide students before and after the lesson study. As a result, the ability of teacher to manage learning is increases. For example, the ability to guide formulating problems increased from 42.5% into 56.25%. This improvement also occurred in the ability to conduct experiments, analyze and present results, and communicate. Based on these data, lesson study activities can improve the teacher’s abilities to guide students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Erdawati, M.Sc. ; 2). Dr. Darsef Darwis, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:17
Last Modified: 11 Nov 2024 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52048

Actions (login required)

View Item View Item