ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Studi Kasus di SMPN 2 Sekampung)

MIFTAKHUL FITRI, . (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Studi Kasus di SMPN 2 Sekampung). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS MIFTAKHUL FITRI 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan berdasarakan analisis kesalahan Newman ditinjau dari adversity quotient. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan metode studi khasus. Penelitian ini dilaksanakan pada buan Juli 2021-Januari 2022. Dengan tempat penelitian di SMPN 2 Sekampung. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kemudian dipilih secara purposive sampling menjadi 6 siswa. Teknik pengumpulann data dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket Adversity Response Profile (ARP), pemberian tes tertulis operasi hitung pecahan, dan pelaksanaan wawancara terhadap 6 subjek yang terpilih. Analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan operasi hitung pecahan berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari adversity quotient yaitu subyek tipe quitters 1 melakukan kesalahan pada keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, subyek tipe quitters 2 melakukan kesalahan pada semua tahapan Newman kecuali pada tahap membaca soal. Subyek tipe campers 1 melakukan kesalahan pada keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, subyek tipe campers 2 melakukan kesalahan dalam memahami masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Subyek tipe climbers 1 melakukan kesalahan pada penulisan jawaban akhir, Subyek tipe climbers 2 melakukan kesalahan dalam memahami masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa quitters lebih mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah dibandingkan siswa campers dan climbers sehingga berdampak pada kemampuan dan hasil kesalahan yang diperoleh. **************************************** This study aims to determine the types of student errors and describe student errors in working on fractional arithmetic operations based on Newman's error analysis in terms of the adversity quotient. This type of research is descriptive qualitative with a special study method. This research was conducted in July 2021– January 2022. The research location is at SMPN 2 Sekampung. The subjects of this study were 32 students and then selected by purposive sampling to 6 students. The data collection techniques in this study were distributing Adversity Response Profile (ARP) questionnaires, giving a written test for fractional counting operations, and conducting interviews with 6 selected subjects. Data analysis with data reduction steps, data presentation, verification and conclusion. The results showed that students made mistakes in doing fractional arithmetic operations based on the Newman stage in terms of the adversity quotient, namely the quitters type 1 subject made an error in processing skills and writing the final answer, the quitters type 2 subject made an error at all the Newman stages except at the question reading stage. Campers type 1 subjects made mistakes in processing skills and writing the final answer, campers type 2 subjects made mistakes in understanding the problem, processing skills and writing final answers. Climbers type 1 subjects made mistakes in writing the final answer, climbers type 2 subjects made mistakes in understanding the problem, processing skills and writing the final answer. Quitter students give up more easily in solving problems than campers and climbers students, so that it has an impact on the ability and results of the errors obtained.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M. Si 2). Dr. Lukman El Hakim, M. Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:03
Last Modified: 11 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52052

Actions (login required)

View Item View Item