MUTHIA AISYAH PUTRI, . (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE MATEMATIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK UNTUK SISWA KELAS X SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga menstimulasi siswa menemukan sendiri konsep yang ada pada materi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul elektronik yang dapat digunakan di kelas maupun belajar secara mandiri berbasis model pembelajaran learning cycle 5E pada materi nilai mutlak untuk kelas X SMK. Motode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (RND) yang mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Rancangan awal dari modul elektronik yang akan dikembangkan ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian inti kegiatan, dan penutup. Adapun setelah dilakukan uji validasi dan juga uji coba didapatkan persentase untuk modul elektronik ini yaitu sebesar 82,63% untuk hasil validasi ahli materi dan bahasa, sebesar 89,59% untuk hasil validasi ahli media, sebesar 90,62% untuk hasil uji coba yang dilakukan oleh guru, 82,84% untuk hasil uji coba kepada siswa dalam kelompok kecil, dan sebesar 88,53% untuk hasil dari uji coba kepada siswa dalam kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan rata-rata persentase sebesar 86,77% dan dapat diinterpretasikan bahwa modul elektronik berbasis learning cycle 5E pada materi nilai mutlak ini tergolong sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran bagi guru dan siswa. ************************************* One of the ways in which students' understanding of concepts can be improved is by using appropriate learning models so as to stimulate students to find their own concepts in the material. Therefore, this study aims to develop learning media in the form of electronic modules that can be used in class or independent study based on the 5E learning cycle learning model on absolute value material for class X SMK. The method used in this research is the research and development (RND) method which refers to the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The initial design of the electronic module to be developed consists of 3 parts, namely the introduction, the core activity, and the closing. Meanwhile, after validation tests and trials, the percentage for this electronic module was 82.63% for the results of material and language expert validation, 89.59% for media expert validation results, 90.62% for test results that conducted by the teacher, 82.84% for the results of the trial to students in small groups, and 88.53% for the results of the trials to students in large groups. Based on these results, the average percentage is 86.77% and it can be interpreted that the electronic module based on the 5E learning cycle in this absolute value material is considered very feasible to be used as a learning medium for teachers and students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Makmuri, M.Si. ; 2). Tian Abdul Aziz, Ph.D |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 01:28 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 01:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52061 |
Actions (login required)
View Item |