PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI DIGITAL MATERI LIMBAH SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X

NI LUH CHANDRIKA DEWI SARWITHINI, . (2022) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI DIGITAL MATERI LIMBAH SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Cover UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
Bab 1 UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Bab 2 UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Bab 3 UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
Bab 4 UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
Bab 5 UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
Daftar Pustaka UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran UNJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Suplemen pembelajaran adalah media pembelajaran yang bersifat sebagai penunjang pada materi atau media utama yang digunakan pada proses pembelajaran. Pembelajaran abad 21 saat ini, harus menyelaraskan antara teknologi dan kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran harus dirancang lebih kreatif agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangangkan suplemen pembelajaran komik edukasi digital bagi Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 46 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian penegembangan yang diadopsi dari model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam peneletian ini diantaranya lembar validasi media, wawancara guru, angket respon dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji coba media di lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Media yang dikembangkan sangat layak dengan rata-rata angket validasi media oleh pakar sebesar 91,5%. 2) Hasil uji efektivitas suplemen pembelajaran komik edukasi digital yang dikembangkan pada materi limbah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil tersebut menunjukan suplemen pembelajaran komik edukasi digtal yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas. ************************** Learning supplements are learning media that are supporting the material or the main media used in the learning process. Today's 21st century learning must harmonize technology and learning activities. This research aims to develop a digital educational comic learning supplement for Vocational High Schools (SMK). The subjects of this study were students of class X SMK Negeri 46 Jakarta. This type of research is development research which is adopted from the Borg and Gall development model. The instruments used in this research include media validation sheets, teacher interviews, response questionnaires and learning outcomes tests. Based on media trials in the field, the following results were obtained: 1) The media developed was very feasible with an average media validation questionnaire by experts of 91.5%. 2) The results of the effectiveness test of the digital educational comic learning supplement developed on waste material can improve student learning outcomes. These results show that the digital education comic learning supplement developed is very feasible to be used in supporting learning activities in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. ; 2). Ade Suryanda, S.Pd.,M.Si,
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:38
Last Modified: 13 Nov 2024 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52078

Actions (login required)

View Item View Item