PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA

NILA NUR BAITI, . (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika materi program linear untuk siswa kelas XI SMA. Modul ini dibuat karena bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran, namun bahan ajar yang digunakan di sekolah masih memiliki beberapa kekurangan dan kurang menarik minat siswa untuk mempelajarinya. Modul dikembangkan dengan menerapkan pendekatan kontekstual, yaitu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata, serta mengarahkan siswa untuk menemukan dan membentuk sendiri pemahaman terkait materi. Pendekatan kontekatual terdiri dari tujuh komponen, yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi dan penilaian autentik. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh puslitjaknov. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah: a) penelitian pendahuluan atau analisis produk; b) pengembangan produk; c) validasi ahli; d) uji coba lapangan skala kecil; dan e) uji coba lapangan skala besar. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa modul program linear dengan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dan layak digunakan dengan skor rata-rata 91% untuk aspek materi dan bahasa, serta 85% untuk aspek media. Modul juga mendapatkan respon yang positif dari guru dan siswa. Modul mendapatkan skor rata-rata 85% dari guru. Sedangkan dari siswa mendapatkan skor rata-rata 86% pada uji coba skala kecil dan 83% pada uji coba skala besar. Berdasarkan skor rata-rata tersebut, modul dikategorikan sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi program linear untuk siswa kelas XI SMA. ******************************************** This research aims to develop teaching materials in the form of mathematics modules for linear program material for class XI high school students. This module was created because teaching materials are an important component in the learning process, but the teaching materials used in schools still have several shortcomings and do not attract students' interest in studying them. The module was developed by applying a contextual approach, namely a learning approach that links learning material to real world situations, and directs students to find and form their own understanding regarding the material. The contextual approach consists of seven components, namely constructivism, discovery, questioning, modeling, learning communities, reflection and authentic assessment. The development research model used is the Borg and Gall model which has been simplified by Puslitjaknov. The research stages carried out are: a) preliminary research or product analysis; b) product development; c) expert validation; d) small scale field trials; and e) large-scale field trials. Expert validation results show that the linear program module with a contextual approach is declared valid and suitable for use with an average score of 91% for material and language aspects, and 85% for media aspects. The module also received a positive response from teachers and students. The module received an average score of 85% from teachers. Meanwhile, students got an average score of 86% on small-scale trials and 83% on large-scale trials. Based on this average score, the module is categorized as very good and suitable for use as a teaching material in linear program material for class XI high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si. ; 2). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:13
Last Modified: 13 Nov 2024 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52084

Actions (login required)

View Item View Item