PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KEANEKARAGAMAN HAYATI

AMELIA RINAWATI, . (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (157kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu cara atau strategi untuk mencapai tujuan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain pre test post test control grup. Penelitian dilakukan di SMAN 89 Jakarta pada bulan Agustus hingga September 2019.Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIA 1 dan 2 yang berjumlah 66 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan pada instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Hasill uji validitas menunjukkan soal yang valid sebanyak 15 butir dari 18 butir soal. Uji reliabilitas menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,901 dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Analisis data prasyarat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk normalitas dan uji F untuk homogenitas. Hasil yang didapat dari uji prasyarat adalah data berdistribusi normal dan berasal dari dua populasi yang homogen. Uji statistik menggunakan Independent t-test pada α = 0,05 kemudian didapatkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah keanekaragaman hayati. Uji efektifitas model PBL dengan perhitungan normalized gain memperoleh skor sebesar 0,72 atau termasuk kedalam kategori cukup efektif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Komala, M.Si. 2). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 793 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 00:18
Last Modified: 09 Apr 2020 00:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5210

Available Versions of this Item

  • PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KEANEKARAGAMAN HAYATI. (deposited 09 Apr 2020 00:18) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item