PENGARUH PENGGUNAAN PHET MATERI PROSES TERMODINAMIKA TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA SMA

PUTRI ANJANI, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PHET MATERI PROSES TERMODINAMIKA TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Materi proses termodinamika merupakan kajian fisika yang bersifat mikroskopik dan not visible sehingga proses pembelajarannya dapat menggunakan media pembelajaran berupa simulasi PhET. Kemampuan keterampilan critical thinking merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 ini. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa SMA dengan sampel kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan PhET pada materi proses termodinamika terhadap kemampuan critical thinking siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan critical thinking siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol sebesar 0,36 (kategori sedang). Untuk uji effect size dengan nila d-cohen's sebesar 0,886. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan PhET pada materi proses termodinamika terhadap kemampuan critical thinking siswa SMA dengan tingkat pengaruhnya pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep E Rustana, PhD. ; 2). Lari Andres Sanjaya, M.Pd.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:27
Last Modified: 14 Nov 2024 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52100

Actions (login required)

View Item View Item