PENGARUH PEMBERIAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 172 JAKARTA

RIZKI WIJAYANTI, . (2022) PENGARUH PEMBERIAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 172 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
6.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara umum. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis ini didasari karena minimnya guru memfasilitasi proses pembelajaran yang dapat mendorong keterampilan tingkat tinggi, terkhusus dalam keadaan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh yang diperoleh dari pemberian LKPD berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 172 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan populasi terjangkau yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 172 Jakarta. Terdapat dua kelas yang digunakan untuk dijadikan kelas eksperimen dan kontrol. Data analisis diperoleh dari hasil posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang diproses menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Analisis data menunjukkan hasil bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan masing-masing rata-rata nilai yaitu 70,2303 dan 59,8214. Hal ini memberikan informasi bahwa pemberian LKPD berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 172 Jakarta selama pembelajaran jarak jauh dengan nilai Cohen-effect size sebesar 0,6115 berkategori sedang. *********************************** The background of the research is concerning student's mathematical problem solving skill in general. The student's mathematical problem solving skill had been categorized as low as the teachers' had not been facilitating enough the learning process that might support the skill on a higher level, significantly on distance learning. The purpose of this research is to acknowledge the effect of giving student worksheets based on Process Oriented Guided Inquiry Learning on distance learning to student's mathematical problem solving skill in 172 Junior High School Jakarta. The method of this research is a quasi-experiment by affordable population which is the students of seventh grade in 172 Junior High School Jakarta. There were two classes that is divided for experimental class category and for control class category. The data analysis is gained by mathematical problem solving post-test that have been processed by t-test by significance level α=0,05. The data analysis shows that the average of the experimental class's mathematical problem solving skill is higher than the control class's is. That one amongst each categories shows the average value by 70,2303 and 59,8214. Thus informed that the student worksheets based on Process Oriented Guided Inquiry Learning affects the mathematical problem solving skill in 172 Junior High School Jakarta on distance learning by 0,6115 Cohen-effect size that categorised as medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M.Si. ; 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si.,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:33
Last Modified: 15 Nov 2024 07:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52124

Actions (login required)

View Item View Item