ROISYAH FITRIANI, . (2022) ANALISIS HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas XI terhadap materi hidrolisis garam melalui penerapan pembelajaran flipped classroom menggunakan variasi media pembelajaran digital di SMA Negeri 12 Depok. Waktu penelitian yaitu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui lembar observasi, catatan harian guru, wawancara, reflektif jurnal, kuesioner aktivitas peserta didik, dan tes kognitif. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui aktivitas peserta didik dengan menggunakan dua dimensi dalam kuesioner aktivitas peserta didik yang diadaptasi dari StRIP Student Instrument oleh DeMonbrun dkk (2017). Kuesioner aktivitas peserta didik ini menggunakan skala likert dengan empat alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Pada penelitian ini untuk mengetahui pemahaman akhir peserta didik mengenai materi hidrolisis garam menggunakan tes akhir yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Kuesioner yang digunakan sudah divalidasi oleh dua ahli bahasa, adapun untuk tes kognitif divalidasi oleh tiga ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada semua dimensi, sebagian besar peserta didik setuju bahwa respon peserta didik terhadap instruksi dan jenis instruksi selama proses pembelajaran berkembang dengan baik. Adapun hasil belajar secara keseluruhan menujukkan hasil yang baik, pada ranah kognitif menunjukkan rata-rata hasil tes di atas KKM yaitu 71, pada ranah afektif menunjukkan sebagian peserta didik memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin yang baik, serta aktif mengemukakan pendapat dan bekerjasama dalam kelompok, kemudian pada ranah psikomotorik menunjukkan peserta didik teliti dalam melakukan dan menyusun laporan praktikum sederhana hidrolisis garam. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu model pembelajaran flipped classroom menggunakan variasi media pembelajaran digital dapat membantu mengembangkan aktivitas peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. **************************************** This study aims to determine the learning outcomes and activities of class XI students on salt hydrolysis material through the application of flipped classroom learning using a variety of digital learning media at SMA Negeri 12 Depok. The research time is in the even semester of the 2021/2022 academic year. The subjects of this study were students of class XI MIPA 2, totaling 30 students. The research was carried out using qualitative methods by collecting data through observation sheets, teacher diaries, interviews, reflective journals, student activity questionnaires, and cognitive tests. The questionnaire used in this study was to determine the activities of students by using two dimensions in the student activity questionnaire which was adapted from the StRIP Student Instrument by DeMonbrun et al (2017). This student activity questionnaire uses a Likert scale with four alternative answers, namely Strongly Agree (SS), Agree (S), Disagree (TS), and Strongly Disagree (STS). In this study, to determine the students' final understanding of the salt hydrolysis material, the final test consisted of 20 multiple choice questions. The questionnaire used was validated by two linguists, while the cognitive test was validated by three linguists. The results showed that in all dimensions, most of the students agreed that the student's response to the instruction and the type of instruction during the learning process developed well. The overall learning outcomes show good results, in the cognitive domain the average test results are above the KKM, which is 71, in the affective domain it shows that some students have a good attitude of responsibility and discipline, and actively express opinions and work together in groups, then in the psychomotor domain, it shows that students are meticulous in conducting and compiling a simple salt hydrolysis practicum report. The conclusion that can be drawn from this research is that the flipped classroom learning model using a variety of digital learning media can help develop student activities and improve student learning outcomes on salt hydrolysis material.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Maria Paristiowati M.Si. ; 2). Dr. Hanhan Dianhar, M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 08:29 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 08:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52128 |
Actions (login required)
View Item |