PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA KELAS XI SMK BISNIS DAN MANAJEMEN

TAOFIK HIDAYAT, . (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA KELAS XI SMK BISNIS DAN MANAJEMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengembangkan dan menghasilkan buku ajar matematika dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas XI SMK bisnis dan manajemen serta mengetahui kelayakan buku ajar matematika sebagai penunjang pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang akan dikembangkan pada buku ajar ini adalah materi peluang matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan buku ajar matematika, yaitu sebagai berikut: a) tahap penelitian pendahuluan berupa penyebaran kuesioner/angket kepada siswa dan wawancara kepada guru; b) tahap perencanaan dan pengembangan berupa pembuatan garis besar isi media (GBIM) sebagai dasar penyusunan buku ajar matematika; c) tahap pengembangan, berupa pembuatan draft 1 dari buku ajar; d) tahap validasi kemudian revisi produk; e) tahap uji coba. Buku ajar yang dikembangkan sudah melalui validasi ahli materi dan bahasa dengan nilai persentase dengan rerata 86,6% yang bisa dikategorikan sangat baik, dan validasi ahli media dengan nilai persentase dengan rerata 87,8% yang bisa dikategorikan sangat baik. Kemudian dilakukan uji coba kepada guru dan siswa dengan nilai persentase rerata 86,6% sehingga buku ajar matematika yang dikembangkan ini layak untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan dari hasil dari tahapan penelitian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika dengan materi peluang matematika layak dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada materi peluang matematika kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen. ***************************************** This study aims to develop and produce mathematics textbooks with a Contextual Teaching and Learning (CTL) approach for 11th grade students of business and management vocational high schools and to determine the feasibility of mathematics textbooks as learning support. This mathematics textbook was created due to the lack of students' understanding of mathematics. Based on the needs analysis, the material developed is the material of mathematical probability. This study uses research and development methods. The steps taken to produce a mathematics textbooks are as follows: a) the preliminary stage in the form of dissemination to students and interviews with teachers; b) the planning and development stage by making an outline of the media content as a guide for the preparation of mathematics textbooks; c) development stage, in the form of draft 1; d) validation stage and then product revisions; e) small and large group field trials. The developed textbooks have gone through material and language expert validation with a percentage value of 86.6% which can be categorized as very good, and media expert validation with a percentage value of 87.8% which can be categorized as very good. Then a trial was conducted on teachers and students with an average percentage value of 86.6% so that the developed mathematics textbook is feasible to be used in the learning process at school. Based on the results of the research stages, it can be concluded that mathematics textbooks with mathematical probability materials are appropriate to be used as learning resources for class XI mathematics opportunities in Business and Management Vocational Schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc. ; 2). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:46
Last Modified: 19 Nov 2024 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52153

Actions (login required)

View Item View Item