Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 29 Jakarta

Nur Hafizal, . (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 29 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-NUR HAFIZAL-5215131504 - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar teknik dasar listrik dan elektronika di SMKN 29 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dan desain penelitian “posttest only control design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Elektronika Industri (EI) SMKN 29 Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X EI 1 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan metode pembelajaran resitasi dan kelas X EI 2 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran mind mapping. Instrumen penelitian berupa tes pilihan uraian (essay) sebanyak 8 soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa Thitung > Ttabel (7,16 > 1,671), pada taraf signifikansi � = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar teknik dasar listrik dan elektronika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd 2) Dr. Muhammad Yusro, MT, Ph.D
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:28
Last Modified: 23 Oct 2019 14:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item