AMALIA YUNIATI, . (2022) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ECO FASHION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI AMALIA YUNIATI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil data pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk eco fashion pada Wanita yang pernah berbelanja produk pakaian eco fashion secara online maupun offline. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 150 sampel, sampel tersebut adalah wanita yang membeli produk pakaian eco fashion. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis per item penyataan dan per indikator untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pada penelitian ini. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, variabel prilaku konsumen dengan indikator mendapatkan, mengkonsumsi, mengevaluasi produk eco fashion serta keputusan pembelian dengan indikator pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, keputusan pembelian. Analisis data menggunakan Teknik korelasi product moment. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Instrumen diuji menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk pakaian eco fashion. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, data tersebut dianalilis untuk ditarik kesimpulan bahwa tahapan yang berkontribusi paling tinggi dalam pengaruh perilaku konsumen adalah tahapan menghabiskan produk eco fashion. Hal ini menunjukkan bahwa responden merasa puas dan nyaman menggunakan produk pakaian eco fashion. Sebagian besar responden juga telah memahami tentang tahapan pada perilaku konsumen yaitu mendapatkan pproduk, mengkonsumsi produk dan menghabiskan produk. Selanjutnya tahapan yang berkontribusi paling tinggi dalam tahapan keputusan pembelian adalah pencarian informasi produk pakaian eco fashion, hal ini menunjukkan bahwa responden dapat mencari informasi mengenai produk pakaian eco fashion dengan mudah, dimulai dari media social, keluarga dan kerabat terdekat responden. Sebagian besar responden juga memahami tahapan-tahapan yang ada pada keputusan pembelian seperti pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi altrnatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. ************************************************************ This study was conducted with the aim of knowing the results of the data on the influence of consumer behavior on purchasing decisions for eco fashion products for women who have shopped for eco fashion clothing products online or offline. The research method uses a survey method with a quantitative approach. This study uses 150 samples, the sample is women who buy eco fashion clothing products. Sampling using the Non-Probability Sampling technique with the Accidental Sampling method. Data analysis in this study used a descriptive method by analyzing per statement item and per indicator to determine the influence of consumer behavior that most influenced purchasing decisions in this study. Data collection tools used in this study are questionnaires, consumer behavior variables with indicators of obtaining, consuming, evaluating eco fashion products and purchasing decisions with indicators of need recognition, information seeking, and purchasing decisions. Data analysis using product moment correlation technique. The measurement scale used is the Likert scale. The instrument was tested using validity test, reliability test, and correlation test. The results showed that there was a positive influence of consumer behavior on purchasing decisions for eco fashion clothing products. Based on the data that has been collected, the data is analyzed to conclude that the stage that contributes the highest to the influence of consumer behavior is the stage of spending eco fashion products. This shows that respondents feel satisfied and comfortable using eco fashion clothing products. Most of the respondents also understand about the stages in consumer behavior, namely getting products, consuming products and spending products. Furthermore, the stage that contributes the highest in the purchase decision stage is the search for information on eco fashion clothing products, this shows that respondents can find information about eco fashion clothing products easily, starting from social media, the respondent's closest family and relatives. Most of the respondents also understand the stages involved in purchasing decisions such as need recognition, information seeking, evaluation of alternatives, purchase decisions and post-purchase behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suryawati, M.Si.; 2). Esty Nurbaity Arrsy, S.Pd, M.Km |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:31 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52236 |
Actions (login required)
View Item |