Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Dasar Dasar Praktek Las Busur Listrik Untuk Sambungan Tumpul (Butt Joint) Pelat Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

ANDHIKA PRASETYO, . (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Dasar Dasar Praktek Las Busur Listrik Untuk Sambungan Tumpul (Butt Joint) Pelat Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5315150370_Andhika Prasetyo_Artikel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
5315150370_Andhika Prasetyo_Laporan_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
5315150370_Andhika Prasetyo_Lembar Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
5315150370_Andhika Prasetyo_PosterVideoPembelajaran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
5315150370_AndhikaPrasetyo_Laporan_Haki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran pada materi pengelasan busur listrik untuk sambungan tumpul (butt joint) plat serta untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran tersebut untuk pembelajaran di kelas mata kuliah Praktek Las Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain 4D yang terdiri dari 4 tahap yakni Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Sebelum video pembelajaran ini di buat penelliti melakukan wawancara kepada dosen Praktek Las dengan materi pembelajaran Las Busur Listrik Untuk Sambungan Tumpul (Butt Joint) Pelat. Kemudian video Pembelajaran yang dibuat di uji cobakan kepada 19 mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Praktek Las. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi, ahli media, dan kepada mahasiswa untuk menilai kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk media pembelajaran berbasis video pembelajaran di nyatakan layak berdasarkan penilaian ahli materi, dngan nilai presentase 84%, menurut ahli media video pembelajaran ini sangat layak dengan nilai presentase 97% dan menurut mahasiswa video pembelajaran ini sangat layak digunakan dengan nilai presentase 89%. *********************************************************** This study aims to develop learning media in the form of learning videos on electric arc welding material for plate butt joints as well as to determine the feasibility of these learning videos for learning in the Class of Welding Practice Course in Mechanical Engineering Education, State University of Jakarta. This research is an R & D research with a 4D design consisting of 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. Before this learning video was made, the researcher conducted interviews with Welding Practice lecturers with learning material for Electric Arc Welding for Plate Butt Joints. Then the learning video that was made was tested on 19 students who had taken the Welding Practice course. Data collection is done by giving validation sheets to material experts, media experts, and to students to assess the feasibility of the product. The results showed that the development of learning video-based learning media products was declared feasible based on the assessment of material experts, with a percentage value of 84%, according to media experts this learning video was very feasible with a percentage value of 97% and according to students this learning video was very feasible to use with a percentage value of 89 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ferry Budhi Susetyo., M.T.; 2). Drs. Syaripuddin., M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:46
Last Modified: 28 Nov 2024 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52237

Actions (login required)

View Item View Item