SIMULASI KUAT PENERANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI RELUX DESKTOP 2020.2.3.0 DI RUANG KELAS GEDUNG HASYIM ASJ’ARIE FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ASHABUL KAHFI RAMADHAN, . (2022) SIMULASI KUAT PENERANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI RELUX DESKTOP 2020.2.3.0 DI RUANG KELAS GEDUNG HASYIM ASJ’ARIE FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Naskah Skripsi_Ashabul Kahfi Ramadhan_5115163347.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian nilai kuat penerangan, permasalahan terhadap kuat penerangan yang ada, menghasilkan nilai kuat penerangan yang sesuai dengan SNI 6197: 2011, serta merekomendasikan desain pencahayaan buatan untuk ruang kelas Gedung Hasyim Asj’arie. Dilandasi karena adanya keluhan mahasiswa/i FMIPA dan ditemukan titik lampu yang tidak berfungsi, sehingga mengganggu aktivitas di dalam ruang kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Data berasal dari pengukuran, perhitungan, dan desain simulasi Relux Desktop 2020.2.3.0. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pada saat pagi(08.30), siang(12.00), sore(15.30) dengan menggunakan alat ukur lux meter untuk mendapatkan nilai kuat penerangan yang terukur di ruang kelas. Perhitungan dilakukan sesuai dengan SNI 03-6575-2001. Desain simulasi dibuat menggunakan Relux Desktop 2020.2.3.0. dengan mengaplikasikan 4 skenario yang berbeda agar didapatkan nilai kuat penerangan yang sesuai dengan SNI 6197: 2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat penerangan yang ada di ruang kelas Gedung Hasyim Asj’arie FMIPA UNJ belum sesuai dengan SNI 6197: 2011. Dilakukan simulasi desain perbaikan dengan 4 skenario yang berbeda. Skenario 1 yaitu mengganti jenis lampu dan warna plafon, Skenario 2 yaitu mengganti jenis lampu dan warna dinding, Skenario 3 menambah jumlah titik lampu serta skenario 4 dengan menambah jumlah titk lampu, dan merubah warna plafon dan warna cat dinding dengan hasil rerata persentase optimalisasi sebesar 20% - 39%. Dari keempat skenario, hanya skenario 4 yang berhasil mengoptimalkan kuat penerangan di semua ruang kelas Gedung Hasyim Asj’arie sehingga telah sesuai dengan SNI 6197: 2011. Maka dapat disimpulkan bahwa desain perbaikan yang paling sesuai dengan SNI 6197: 2011 adalah dengan mengaplikasikan skenario 4. ************************************************************ This study aims to determine the suitability of lighting strength values, problems with existing lighting strengths, produce lighting strength values in accordance with SNI 6197: 2011, and recommend artificial lighting designs for classrooms in the Hasyim Asj'arie Building. It was based on complaints from FMIPA students and found that the light points were not functioning, thus disrupting activities in the classroom. The study used an quantitative approach, with descriptive statistical data analysis techniques. The data comes from measurements, calculations, and simulation designs of Relux Desktop 2020.2.3.0. Measurements were carried out three times, namely in the morning (08.30), afternoon (12.00), afternoon (15.30) using a lux meter measuring instrument to obtain the measured value of lighting strength in the classroom. Calculations are carried out in accordance with SNI 03-6575-2001. The simulation design was created using Relux Desktop 2020.2.3.0. by applying 4 different scenarios in order to obtain a strong value of lighting in accordance with SNI 6197: 2011. The results showed that the lighting in the Hasyim Asj'arie FMIPA UNJ classroom was not in accordance with SNI 6197: 2011. Simulation of the repair design was carried out with 4 different scenarios. Scenario 1 is changing the type of lamp and ceiling color, Scenario 2 is changing the type of lamp and wall color, Scenario 3 increasing the number of light points and scenario 4 by increasing the number of light points, and changing the color of the ceiling and wall paint color with an average optimization percentage of 20 % - 39%. Of the four scenarios, only scenario 4 has succeeded in optimizing the strength of lighting in all classrooms of the Hasyim Asj'arie Building so that it is in accordance with SNI 6197: 2011. So it can be concluded that the most suitable repair design in accordance with SNI 6197: 2011 is to apply scenario 4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Massus Subekti, M.T.; 2). Imam Arif Rahardjo, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:44
Last Modified: 29 Nov 2024 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52244

Actions (login required)

View Item View Item