Pengenalan Komponen Pneumatik di SMK Negeri 5 Kota Bekasi pada Masa Pandemi COVID-19 menggunakan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR)

CITRA ODITYA RETNO, . (2022) Pengenalan Komponen Pneumatik di SMK Negeri 5 Kota Bekasi pada Masa Pandemi COVID-19 menggunakan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Pad.a masa pandemi COVID-19, pembelajaran pneumatik yang biasanya dilaksanakan di kelas dengan kegiatan praktikum tidak dapat dilakukan. Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik maka dirancang kegiatan pembelajaran melalui virtual learning dengan memanfaatkan sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengenalkan komponen-komponen Pneumatik pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik kelas XIjurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Pada model pengembangan ini terdapat lima tahap yang hams dilakukan dalam penelitian yang meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu berupa sebuah media pembelajaran berbasis AR untuk pengenalan komponen Pneumatik yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain instruksional, serta diujicobakan pad.a siswa kelas XI jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Hasil validasi dari ahli materi mendapat skor 16 dengan kategori layak, dari ahli media mendapat skor 22 dengan kategori layak serta dari ahli desain instruksional mendapat skor 15 dengan kategori layak. Selanjutnya untuk hasil uji coba perorangan dengan 3 orang siswa mendapat skor 21,67 dengan kategori layak dan uji coba kelompok kecil dengan 9 orang siswa mendapat skor 22,55 dengan kategori layak. ************************************************************ ABSTRACT During the COVID-19 pandemic, pneumatic learning which is usually carried out in class with practicum activities cannot be carried out. In order for learning activities to run well, learning activities are designed through virtual learning by utilizing an Augmented Reality (AR)-based learning media application to introduce Pneumatic components to the Robotic System Control subjectfor class XI majoring in Industrial Electronics Engineering at SMK Negeri 5 Bekasi. The development method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the development model adopting the ADDIE development model. In this development model there arefive stages that must be carried out in research which include Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Thefinal product from this research is an AR-based learning media for the introduction of Pneumatic components that has been validated by material experts, media experts and instructional design experts, and tested on class XI students majoring in Industrial Electronics Engineering at SMK Negeri 5 Bekasi. The validation results from the material expert got a score of 16 in the appropriate category, the media expert got a score of 22 in the appropriate category andfrom the instructional design expert got a score of 15 with the appropriate category. Furthermore, for the results of individual trials with 3 students scored 21.67 with a decent category and small group trials with 9 students got a score of 22.55 with a decent category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Baso Maruddani, M.T.; 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:58
Last Modified: 29 Nov 2024 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52251

Actions (login required)

View Item View Item