DHEA NURRAFA, . (2022) PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL DESAIN TEKSTIL MATERI ECOPRINT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
MODUL ECOPRINT (Dhea Nurrafa_5525162008).pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
|
Text
SKRIPSI PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL DESAIN TEKSTIL MATERI ECOPRINT (Dhea Nurrafa_5525162008).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai bahan ajar berbentuk modul dengan materi ecoprint. Penelitian dilakukan kepada panelis Ahli Materi dan Ahli Media dengan bidang terkait dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan model One-Shot Case Study. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Menggunakan variabel tunggal, yaitu penilaian bahan ajar modul ecoprint. Penilaian berdasarkan aspek materi yang meliputi indikator aspek materi, aspek penyajian dan aspek kebahasaan, serta aspek media yang meliputi indikator pembelajaran diri (self intructional), satu kesatuan (self contained), berdiri sendiri (stand alone), menyesuaikan diri (adaptive), dan mudah digunakan (user friendly). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner (angket) terbuka-tertutup dengan rating scale. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada aspek materi mendapat nilai dengan persentase 87,3% sedangkan pada aspek media dengan persentase 90,28%. Modul ini berada pada kategori Baik (B) dengan persentase rata-rata 89,36% artinya modul ini baik digunakan sebagai bahan ajar pada kegiatan pembelajaran. Aspek tertinggi yang mempengaruhi hasil penilaian penelitian ini adalah aspek self contained (satu kesatuan). ************************************************************ This research aims to assess teaching materials in the form of modules with pocket sewing techniques. This research was conducted to Experts Panelists of Material and Media with related fields of expertise and carried out in the odd semester of 2021/2022 academic year. Pre-Expermental Method is used in this research with One-Shot Case Study model. Descriptive quantitative technique used as data analysis technique in this reasearch. Using a single variable namely the assessment of teaching materials ecoprint module. This study uses the theory of teaching material assessment with material aspects, presentation aspects and linguistic aspects, and based on 5 characteristics of good modules, namely Self Instructional, Self Contained, Stan Alone, Adaptive, and User Friendly. Results of this research stated that in material assestment gets percentage of 87,3% and in media assestment gets percentage of 90,28%. Module is in the Good category (B) with an average percentage of 89.36% meaning that this module is good for use as teaching materials in learning activities. The highest aspect that affects the results of this research assessment is the Self Contained aspect.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sri Listiani, S.Pd, M.Ds.; 2). Dr. Dewi Suliyanthini, AT, MM. |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 06:10 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 06:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52256 |
Actions (login required)
View Item |