EGI MENTARI PUTRI, . (2022) Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Kelas XII Semester 1 Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Perawatan Peralatan Listrik Yang Menggunakan Pemanas di SMK Negeri 1 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Komprehensif_Egi Mentari Putri_5115163469.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Makalah Komprehensif ini bertujuan membuat Perencanaan Pembelajaran Perbaikan Peralatan Listrik kelas XII Semester 1 dengan Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Perawatan Peralatan Listrik Yang Menggunakan Pemanas Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jakarta. Tahapan pengembangan perencanaan pembelajaran meliputi analisis silabus, penentuan Kompetensi Inti dan Komptensi Dasar, dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pembuatannya, rencana pelaksanaan pembelajaran membutuhkan penentuan indikator dan tujuan pembelajaran, metode dan model pembelajaran, media pembelajaran, alur kegiatan pembelajaran, serta teknik penilaian dalam pembelajaran tersebut. Model pembelajaran yang digunakan dalam RPP ini adalah model pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online atau Blended Learning. Blended learning pada penelitian ini merupakan integrasi pembelajaran online menggunakan e-learning dengan pembelajaran tatap muka di kelas dengan menjadikan masalah sebagai titik awal dalam proses pembelajaran. Penggunaan model tersebut dalam pembelajaran secara tepat dapat meningkatkan efisiensi dan minat belajar siswa khususnya siswa SMK dimasa pandemi ini. ************************************************************ This comprehensive paper aims to make a lesson plan for repairing electrical equipment for class XII Semester 1 with Basic Competencies in Applying Maintenance Methods for Electrical Equipment Using Heating Department of Electrical Power Installation Engineering held at 1 Jakarta Vocational High School. The stages of learning planning development include syllabus analysis, determination of Core Competencies and Basic Competencies, and making of Learning Implementation Plans (RPP). In its manufacture, the learning implementation plan requires the determination of indicators and learning objectives, learning methods and models, learning media, flow of learning activities, and assessment techniques in the learning. The learning model used in this lesson plan is a learning model that combines face-to-face learning with online learning or Blended Learning. Blended learning in this study is an integration of online learning using e-learning with face-to-face learning in the classroom by making problems as the starting point in the learning process. The use of this model in learning appropriately can increase the efficiency and interest in student learning, especially vocational students during this pandemic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Irzan Zakir, M. Pd.; |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 06:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 06:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52261 |
Actions (login required)
View Item |