FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU FIKSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar)

FARHAN NAUFAL HERWIENSYAH, . (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU FIKSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat membaca buku fiksi peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah library research (studi literatur) dari 20 jurnal dalam waktu 5 tahun terakhir dengan sumber pencarian literatur melalui pusat perpustakaan Google Penelusuran dan Google Schoolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor- faktor yang mempengaruhi minat membaca dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri seseorang dan faktoreksternal yang berasal dari luar diri seseorang. Faktor internal yang dapat mempengaruhi minat membaca antara lain seperti kondisi fisik siswa, motivasi dari dalam diri siswa, kebiasaan membaca, keterampilan membaca, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kesadaran betapa pentingnya kegiatan membaca. Adapun faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, sistem pendidikan dan kurikulum sekolah, pergaulan dengan teman, kemajuan teknologi, kondisi sosial ekonomi, ketersediaan bahan bacaan, dan dorongan dari orang tua serta guru. This research aims to find out what factors influence the interest in reading fiction books of fourth grade elementary school students. The research method used is library research (literature study) from 20 journals in the last 5 years with literature search sources through the library center Google Search and Google Scholar. The research results show that interest in reading has factors that influence it. Factors that influence interest in reading can be divided into two, namely internal factors that come from within a person and external factors that come from outside a person. Internal factors that can influence interest in reading include students' physical condition, students' inner motivation, reading habits, reading skills, high curiosity, and awareness of how important reading activities are. The external factors include the family environment, education system and school curriculum, interactions with friends, technological advances, socio-economic conditions, availability of reading materials, and encouragement from parents and teachers. Keywords: Interest in Reading, Books

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si 2. Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Farhan Naufal Herwiensyah .
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:56
Last Modified: 16 Jan 2025 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52310

Actions (login required)

View Item View Item