Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Ular Tangga Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta)

HANIFAH NUR SYAHIDAH, . (2020) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Ular Tangga Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (18MB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
4.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hanifah Nur Syahidah, Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Ular Tangga Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan Media Ular Tangga Arab pada kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam PB Soedirman Jakarta pada kelas 8 semester I Tahun Ajaran 2019 – 2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami kosakata Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab pada nilai pra siklus adalah 4.11, nilai ujian siklus I adalah 6.03, dan nilai ujian siklus II yaitu 6.61. Terdapat peningkatan nilai dari pretest ke ujian siklus 1 yaitu 1.92, dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 0.58. Jumlah hasil peningkatan di penelitian ini adalah 2.5. Dan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan media ular tangga arab pada siswa kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. ABSTRACT Hanifah Nur Syahidah, Improvement of Arabic Vocabulary Mastery with Snake and Ladder Media Arabic (Classroom Action Research in Class 8 at Islamic Soedirman PB Jakarta High School). Thesis. Jakarta: Arabic Language Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. 2019. The purpose of this research is to improve the mastery of Arabic vocabulary with Snake and Ladder Media Arabic in grade 8 at Islamic Soedirman PB Jakarta High School. This research was carried out at Islamic Soedirman PB Jakarta High School in class 8 semester I of 2019 - 2020 Academic Year. This type of this research is Classroom Action Research, which is conducted in two cycles. The model used is a model of PTK Kemmis and Mc Taggart model which consists of planning, implementation, action, observation and reflection. And the instrument used are test results of study and observation. Learning outcomes tests used to measure students' success in understanding the Arabic vocabulary. Observations format is used according to measure the performance of teacher and student in learning. The results obtained in each cycle are: the average value of Arabic vocabulary mastery increase in pre-cycle value is 4.11, and the value of the first cycle test is 6.03, and the value of the second cycle test is 6.61. There is an increase in the value from pretest to the first cycle test which is 1.92, and the increase from the first cycle to the second cycle is 0.58. The number of results of the increase in this study was 2.5. And the researchers concluded that there is a growing mastery of the vocabulary of the Arabic Language by using Snake and Ladder media Arabic in grade 8 students at Islamic Soedirman PB Jakarta High School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Emzir, M.Pd. 2. Ahmad Marzuq, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1854 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 18:36
Last Modified: 27 Mar 2020 18:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item