PULUNG RIYANTO, . (2025) PENGARUH KARDIORESPIRASI, SELF EFFICACY, REAKSI SOSIAL INDIVIDU DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATA KULIAH GERAK MAHASISWA PJKR UNIVERSITAS MUSAMUS. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. BAB 1.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kardiorespirasi, self-efficacy, reaksi sosial individu, dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) Universitas Musamus dalam mata kuliah gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan analisis jalur (path analysis) untuk mengkaji hubungan kausal antara variabel-variabel tersebut. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa PJKR yang terdaftar, dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, yang memastikan sampel representatif sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah melalui uji keabsahan dan kehandalan. Uji keabsahan dilakukan dengan analisis konten oleh pakar terkait, untuk memastikan kuesioner mencerminkan konsep yang diukur, sedangkan uji kehandalan dilakukan dengan uji reliabilitas internal untuk menilai konsistensi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari kardiorespirasi, self-efficacy, reaksi sosial individu, dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademik mata kuliah gerak mahasiswa PJKR. Kardiorespirasi terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap kecerdasan emosi, yang kemudian berdampak pada peningkatan prestasi akademik. Self-efficacy dan reaksi sosial individu juga menunjukkan pengaruh langsung terhadap kecerdasan emosi, yang pada gilirannya mempengaruhi prestasi akademik secara signifikan. Penelitian ini juga menemukan pengaruh tidak langsung yang signifikan dari kardiorespirasi, self-efficacy, dan reaksi sosial individu terhadap prestasi akademik melalui kecerdasan emosi. Dengan kata lain, kecerdasan emosi berperan sebagai mediator penting dalam hubungan antara variabel-variabel tersebut dan prestasi akademik. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kecerdasan emosi dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, serta memberikan wawasan yang berharga bagi upaya peningkatan prestasi akademik melalui penguatan faktor-faktor psikologis dan fisiologis. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa PJKR, serta menawarkan implikasi praktis untuk pengembangan program pembelajaran yang lebih holistik dan integratif, yang mencakup aspek fisik, psikologis, dan sosial mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr.dr. Junaidi , Sp.KO.,Subs.,ALK(K) ; 2). Dr. Hidayat Humaid, M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Pulung Riyanto . |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:22 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 04:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |