HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR BIOLOGI

HIKMAHYANTI, . (2020) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR BIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 3415160693.pdf

Download (187kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

Persepsi siswa tentang guru adalah proses pemberian makna dan muncul respon siswa tentang gurunya, yang dipengaruhi faktor internal maupun eksternal masing-masing individu. Persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran guru dikelas dapat mempengaruhi minat belajar biologi. Persepsi positif siswa tentang pengelolaan pembelajaran gurunya akan meningkatkan minat belajar biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran guru dengan minat belajar biologi pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 106 siswa kelas XI IPA yang dipilih secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran guru dan angket minat belajar biologi. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji model regresi diperoleh persamaan Ŷ = 34,155 + 0,616X dan koefisien korelasi sebesar 0,636 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Kontribusi persepsi sebesar 40,5% pada minat belajar Biologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran guru dengan minat belajar biologi. Bentuk hubungan yang positif dapat diartikan bahwa semakin baik persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran guru, maka semakin tinggi minat belajar biologi. Students' perceptions about the teacher are the processes of giving meaning and students' responses to the teacher emerge, which consider the internal and external factors of each individual. Students' perceptions about teacher’s class managing can influence interest in learning biology. Positive students’ perceptions about teacher’s class managing will increase interest in learning biology. This study aims to know the relationship of students about how to manage class with interest in learning in 2019/2020. The method is quantitative with correlational studies. The subjects in this study were 106 students of class XI IPA who were selected at randomly simple. The technique of collecting data uses questionnaires on students' perceptions of the management of teacher learning and the questionnaire of interest in learning biology. The prerequisite test shows that the data are normally distributed and homogeneous. Regression model obtained Ŷ = 34.155 + 0.616X had a significant and linear correlation. The coefficient of correlation obtained is 0.636 which means there was a positive relationship between the teacher’s management in class with interest in learning biology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.si ; 2). Drs. Refirman Dj., M. Biomed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 798 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 21:26
Last Modified: 09 Apr 2020 21:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item