PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK E-BOOK INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE LUTHER-SUTOPO PADA MATERI KEAMANAN JARINGAN DI KELAS XI TKJ SMK NEGERI 7 JAKARTA

DYAH AYU PERMATASARI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK E-BOOK INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE LUTHER-SUTOPO PADA MATERI KEAMANAN JARINGAN DI KELAS XI TKJ SMK NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara bahwa pada mata pelajaran Keamanan Jaringan terdapat keterbatasan dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbentuk E-Book interaktif untuk mata pelajaran Keamanan Jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 7 Jakarta khususnya materi firewall. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. E-Book ini dirancang menggunakan aplikasi Canva dan Flip PDF Professional untuk menambahkan elemen interaktif. Hasil uji validasi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan 100%, sementara validasi oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan 86,2%, keduanya berada dalam kategori “Sangat Layak”. Pengujian oleh responden menghasilkan skor rata-rata SUS (System Usability Scale) sebesar 77,29, yang termasuk dalam kategori “Good” dan “Acceptable”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. E-Book interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi Keamanan Jaringan.***** Based on the information obtained through the interview, there are limitations in the learning media in Network Security subjects. This research aims to develop a learning media in the form of interactive E-Books for the XI TKJ class Network Security subject at SMK Negeri 7 Jakarta, especially firewall material. The method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) version of Luther-Sutopo, which consists of six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. This E-Book was designed using Canva and Flip PDF Professional applications to add interactive elements. The results of the validation test by material experts obtained a 100% feasibility percentage, while validation by media experts obtained a feasibility percentage of 86.2%, both of which were in the “Very Feasible” category. Testing by respondents resulted in an average SUS (System Usability Scale) score of 77.29, which falls into the “Good” and “Acceptable” categories. The results showed that this interactive E-Book is feasible to use as learning media. This interactive E-Book is expected to increase the effectiveness of learning and make it easier for students to understand Network Security material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchammad Ficky Duskarnaen, S.T.,M.Sc. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.SI,M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Dyah Ayu Permatasari .
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:11
Last Modified: 30 Jan 2025 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52379

Actions (login required)

View Item View Item