EFEKTIVITAS APLIKASI PERMAINAN MARBEL BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF USIA DINI PADA BKB PAUD FLAMBOYAN JAKARTA TIMUR

ISTNAIN FAIZ ALFAJRI, . (2025) EFEKTIVITAS APLIKASI PERMAINAN MARBEL BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF USIA DINI PADA BKB PAUD FLAMBOYAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa BKB PAUD Flamboyan masih menerapkan metode dan media pembelajaran tradisional. Meskipun peserta didik tampak antusias, terdapat beberapa anak yang kehilangan minat, sehingga sulit mempertahankan fokus saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran di PAUD ini masih terbatas, terutama dalam pemanfaatan aplikasi permainan edukatif. Dari total 15 anak dalam satu kelas, hanya 7–8 anak yang mampu mengenali angka serta melakukan penjumlahan sederhana dengan baik melalui metode pembelajaran tradisional. Sementara itu, beberapa anak lainnya masih menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi permainan Marbel Berhitung terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di BKB PAUD Flamboyan. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain one group pretest-posttest. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aplikasi Marbel Berhitung ditampilkan menggunakan proyektor, untuk menghindari interaksi langsung anak-anak dengan teknologi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji-t untuk mengukur signifikansi peningkatan hasil belajar dan N-gain score untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 31,19 dan posttest sebesar 37,04, dari nilai maksimal 40. Efektivitas aplikasi diukur menggunakan N-gain score sebesar 0,6503 (65.03%), yang termasuk dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. ***** Based on observations and interviews, it was found that BKB PAUD Flamboyan still applied traditional teaching methods and media. Although students appeared enthusiastic, some children lost interest, making it difficult for them to maintain focus during the learning process. Moreover, the use of technology in teaching at the PAUD was limited, especially in the implementation of educational game applications. Out of a total of 15 children in a class, only 7–8 children were able to recognize numbers and perform simple addition accurately through traditional teaching methods, while some others struggled. This study aimed to determine the effectiveness of using the Marbel Counting game application in improving the cognitive abilities of early childhood students at BKB PAUD Flamboyan. The research employed a pre-experimental method with a quantitative approach and a one-group pretest-posttest design. During the learning process, the Marbel Counting application was displayed using a projector to avoid direct interaction between children and technology. Research data were collected through pretest and posttest assessments. Data analysis was conducted quantitatively using a t-test to measure the significance of learning outcomes improvement and an N-gain score to assess effectiveness. The results showed a significant improvement, with the average pretest score increasing from 31.19 to a posttest score of 37.04, out of a maximum score of 40. The application’s effectiveness was measured using an N-gain score of 0.6503 (65.03%), which was categorized as moderately effective in improving early childhood cognitive abilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ressy Dwitias Sari, S.T.,M.T.I. ; 2). ZE. Ferdi Fauzan Putra, S.Pd.,M.Pd.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Matematika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Istnain Faiz Alfajri .
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:50
Last Modified: 10 Feb 2025 07:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52577

Actions (login required)

View Item View Item