ANALISIS DEMURRAGE DAN DETENTION KONTAINER IMPOR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DELIVERY ORDER MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA STUDI KASUS PT XYZ

MOCHAMAD RIZKI ZULDANI, . (2025) ANALISIS DEMURRAGE DAN DETENTION KONTAINER IMPOR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DELIVERY ORDER MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA STUDI KASUS PT XYZ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Final Skripsi_Mochamad Rizki Zuldani_1523423072_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perhitungan total biaya demurrage dan detention terhadap biaya delivery order yang dibayarkan oleh pelanggan dari PT XYZ dan mengidentifikasi faktor penyebab terjadi nya yang memicu adanya biaya demurrage dan detention serta memberikan saran kepada pelanggan PT XYZ mengenai strategi yang dapat diterapkan untuk meminimalisir biaya demurrage dan detention sehingga biaya delivery order menjadi efisien bagi pelanggan PT XYZ. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melalu pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukan pencatatan dan analisis data hasil penelitian secara matematis dengan menghitung perhitungan statistik. Hasil uji F secara Simultan dapat diketahui bahwa F-hitung memiliki nilai 12917.735 lebih besar dari F-tabel yaitu 2.688 dengan nilai probability value (Sig.) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05 (p < 0,05). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel X1 (selisih waktu antara tanggal bongkar kapal dan penerbitan dokumen delivery order), X2 (selisih waktu antara penerbitan dokumen delivery order dan tanggal kontainer gate out dari terminal atau pelabuhan), dan X3 (selisih waktu antara tanggal kontainer gate out dan masa bebas atau free time) secara bersama – sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Persentase Efisiensi (Y). Hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (Adjusted R squre) yang diperoleh sebesar 0.984. Hal ini berarti terdapat 98.4% variabilitas Persentase Efisiensi (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel X1 (selisih waktu antara tanggal bongkar kapal dan penerbitan dokumen delivery order), X2 (selisih waktu antara penerbitan dokumen delivery order dan tanggal kontainer gate out dari terminal atau pelabuhan), dan X3 (selisih waktu antara tanggal kontainer gate out dan masa bebas atau free time). Sementara itu, 1.6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. *****This study aims to analyze the calculation of total demurrage and detention costs against delivery order costs paid by customers of PT XYZ and identify factors that trigger demurrage and detention costs and provide advice to PT XYZ customers regarding strategies that can be applied to minimize demurrage and detention costs so that delivery order costs become efficient for PT XYZ customers. ***** The research method uses a descriptive method with a quantitative approach, through a quantitative approach, namely an approach that allows recording and analyzing the research data mathematically by calculating statistical calculations. Simultaneous F-test results can be seen that the F-count has a value of 12917.735 greater than the F-table, namely 2,688 with a probability value (Sig.) of 0.000, which is smaller than 0.05 (p <0.05). Thus it can be said that the variables X1 (the time difference between the ship unloading date and the issuance of the delivery order document), X2 (the time difference between the issuance of the delivery order document and the gate out container date from the terminal or port), and X3 (the time difference between the gate out container date and free time) together or simultaneously have a significant influence on the Efficiency Percentage (Y). The results of the coefficient of determination test can be seen that the coefficient of determination (Adjusted R squre) obtained is 0.984. This means that there is 98.4% variability in the Efficiency Percentage (Y) which can be explained by variables X1 (the time difference between the ship unloading date and the issuance of the delivery order document), X2 (the time difference between the issuance of the delivery order document and the date the container is gate out of the terminal or port), and X3 (the time difference between the gate out container date and the free time). Meanwhile, the remaining 1.6% is explained by other variables outside this study.*****

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vivian Karim Ladesi, M.T. ; 2). Dr. Winoto Hadi, M.T
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 26176 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:30
Last Modified: 11 Feb 2025 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52650

Actions (login required)

View Item View Item