MODEL PERMAINAN OUTBOUND UNTUK KREATIVITAS ANAK USIA 10-13 TAHUN

EVA NURLAWATI, . (2025) MODEL PERMAINAN OUTBOUND UNTUK KREATIVITAS ANAK USIA 10-13 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan outbound untuk kreativitas anak usia 10-13 tahun. Model ini dirancang agar anak dapat mengekspresikan ide-ide mereka secara bebas melalui berbagai aktivitas outbound yang menantang dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah anak Lingkungan Jl. Kayu Jati, RW 04, Rawamangun, Jakarta Timur dengan jumlah 15 anak. Penelitian ini menghasilkan 12 model permainan outbound yang telah divalidasi oleh para ahli dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran serta aktivitas rekreasi. Model permainan ini dirancang dengan mempertimbangkan aspek keamanan, kemudahan pelaksanaan, serta kesesuaian dengan karakteristik anak usia 10-13 tahun. Hasil uji coba menunjukkan bahwa permainan outbound ini efektif dalam mengembanglkan kreativitas anak, baik dalam pemecahan masalah, berpikir kreatif, maupun inovasi dalam berbagai tantangan yang diberikan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model permainan ini mendorong anak untuk lebih aktif secara fisik serta mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja sama, komunikasi, dan kepemimpinan. Dengan demikian, model permainan outbound ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi masyarakat, komunitas, maupun kegiatan rekreasi untuk mendukung perkembangan anak. Kata kunci : Model Permainan outbound, Kreativitas, Anak Usia 10-13 Tahun. ***** This research aims to develop an outbound game model for the creativity of children aged 10-13 years. This model is designed so that children can express their ideas freely through various challenging and fun outbound activities. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model. The subjects in this research were children from Jl. Kayu Jati, RW 04, Rawamangun, East Jakarta with 15 children. This research produced 12 outbound game models that have been validated by experts and declared suitable for use in learning and recreational activities. This game model was designed taking into account safety aspects, ease of implementation, and suitability to the characteristics of children aged 10-13 years. The trial results show that this outbound game is effective in increasing children's creativity, both in problem solving, creative thinking, and innovation in the various challenges given. The trial results show that this game model encourages children to be more physically active and develop social skills, such as cooperation, communication and leadership. Thus, this outbound game model can be a useful alternative for society, communities and recreational activities to support children's development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Masnur Ali, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Sri Nuraini, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 26017 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:49
Last Modified: 11 Feb 2025 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52666

Actions (login required)

View Item View Item