PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK DALAM MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE 4-D(FOUR-D)

FERDIANSYAH RIZQI ALFAJRI, . (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK DALAM MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE 4-D(FOUR-D). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
File Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen mata kuliah Jaringan Komputer program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dosen mata kuliah Jaringan Komputer membutuhkan media pembelajaran tambahan yang mengandung informasi lengkap dengan video dan gambar. Karena media yang digunakan saat ini berupa PowerPoint, Video rekaman pembelajaran dan E-Book berbahasa inggris yang kurang diminati oleh mahasiswa. Hasil dari kuesioner yang disebar ke beberapa mahasiswa diperoleh data bahwa kurangnya maksimalnya proses pembelajaran di lab. Karena terbatasnya waktu praktik dan materi yang diberikan dari media pembelajaran yang ada terbatas pada materi teori. Mahasiswa mengharapkan adanya media pembelajaran tambahan yang efesien sesuai dengan kebutuhan praktikum untuk belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran E-Book interaktif pada mata kuliah Jaringan Komputer di program studi PTIK UNJ. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tetapi penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap Develop. Pengujian kelayakan produk E-Book interaktif dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan statistik deskripstif. Pengujian oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 100% yang berada dalam kategori “Sangat Layak” dan pengujian oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan 86% yang berada dalam kategori “Sangat Layak”. Untuk pengujian produk oleh responden menggunakan pengujian metode SUS yang memperoleh nilai sebesar 79,20 yang masuk dalam tingkat penerimaan “acceptabel” dengan tingkat adjective “good” dan termasuk grade “B”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa produk E-Book interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa program studi PTIK UNJ. ************** Based on interviews with the lecturer of the Computer Network course in the Informatics and Computer Engineering Education program, it was found that the lecturer requires additional learning media containing complete information with videos and images. The current media used include PowerPoint, recorded learning videos, and English-language e-books, which are less appealing to students. The questionnaire distributed to several students indicated that the learning process in the lab was not optimal due to limited practical time and the provided learning materials focusing only on theory. Students expressed the need for additional learning media that are efficient and suitable for independent practical learning. The aim of this study is to develop interactive e-book learning media for the Computer Network course in the PTIK program at UNJ. The development method. Used is the 4-D model, which consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. However, this research is limited to the Develop stage. The feasibility test of the interactive e-book product was conducted by material experts and media experts using descriptive statistics. The material expert assessment resulted in a feasibility score of 100%, categorized as "Highly Feasible," while the media expert assessment resulted in a score of 86%, also categorized as "Highly Feasible." The product testing by respondents used the SUS (System Usability Scale) method, obtaining a score of 79.20, which falls into the "Acceptable" range with an adjective rating of "Good" and a grade of "B." Based on these assessment results, the interactive e-book product is deemed suitable for use as learning media for students in the PTIK program at UNJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muhammad Ficky Duskarnaen, M.Sc. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Kom.,M.Ed.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Ferdiansyah Rizqi Alfajri .
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:03
Last Modified: 12 Feb 2025 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52747

Actions (login required)

View Item View Item