E-MODUL FISIKA BERBASIS TPACK PADA MATERI GELOMBANG DI SMA

WIDDA TASLIMAH ALFANI, . (2025) E-MODUL FISIKA BERBASIS TPACK PADA MATERI GELOMBANG DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran e-modul fisika. Kesulitan dalam memahami materi gelombang dan tuntutan abad 21 menjadi dasar pemilihan pengembangan produk berupa e-modul fisika berbasis TPACK. Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan E-modul Fisika Berbasis TPACK pada Materi Gelombang di SMA. E-modul fisika berbasis TPACK yang mengintegrasikan teknologi, pedagogi dan konten/materi pada setiap kegiatan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul yang valid, sehingga dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Lee & Owens dengan empat tahapan yaitu tahap identifikasi tujuan pengembangan yang terdiri dari need assessment dan front-end analysis, tahap pengembangan yang terdiri dari tahap desain dan pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh para ahli diperoleh interpretasi skor sebesar 88% dari ahli media, 86,67% dari ahli materi, dan 86% dari ahli pembelajaran. Selanjutnya uji coba produk oleh pendidik diperoleh rata-rata sebesar 96,58% dan tanggapan oleh peserta didik sebesar 91,53%. Pengukuran pembelajaran peserta didik secara terbatas menggunakan pre-test dan post-test didapatkan hasil pada kategori sedang hingga tinggi. Berdasarkan poenelitian ini, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis TPACK pada materi gelombang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika di sekolah. Kata-kata kunci: E-modul, TPACK, Gelombang ***** The increasingly rapid development of technology can be utilized in the learning process, one of which is by utilizing physics e-module learning media. Difficulties in understanding wave material and the demands of the 21st century are the basis for choosing product development in the form of TPACK-based physics e-modules. This study focuses on developing TPACK-Based Physics E-modules on Wave Material in High School. TPACK-based physics e-modules have three main components, namely technology, pedagogy and content/materials in each learning activity. This study aims to produce learning media in the form of valid e-modules, so that they can be used to support the physics learning process. The research method used is the research and development method or Research and Development (R&D) with the Lee & Owens development model with four stages, namely the development goal identification stage which consists of needs assessment and front-end analysis, the development stage consisting of the design and development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Based on the results of the assessment by experts, the score interpretation was obtained at 86.67% from material experts, 88% from media experts, and 86% from learning experts. Furthermore, the product assessment by educators obtained an average of 96.58% and the response by students was 91.53%. Limited measurement of student learning using pre-test and post-test obtained results in the medium to high category. Based on this study, it can be concluded that the TPACK-based e-module on wave material is valid for use as a physics learning media in schools. Keywords: E-module, TPACK, Waves

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Esmar Budi, M.T. 2). Fauzi Bakri, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 26239 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:08
Last Modified: 18 Feb 2025 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52842

Actions (login required)

View Item View Item