NADIA PUSPITA MAHARANI, . (2025) KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK BUSANA DI 'KOMUNITAS MURAH-MURAH' PADA MEDIA SOSIAL X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen dalam pembelian produk busana di ‘Komunitas Murah-Murah’ pada media sosial X, yang diukur berdasarkan indikator kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan kemudahan mendapatkan produk. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta menggunakan metode survey. Sampel yang diteliti berjumlah 100 responden berdasarkan perhitungan rumus Cochran. Pengumpulan data dilakukan dengan Google Form yang disebar melalui media sosial X. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tabel, persentase, dan diagram bar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dalam pembelian produk busana di ‘Komunitas Murah-Murah’ pada media sosial X mendapat tingkat kepuasan sebesar 81,89% dengan kategori tinggi. Indikator dengan tingkat kepuasan tertinggi yaitu indikator Emosional dengan persentase 83,33% dalam kategori sangat tinggi. Produk busana yang dijual dirasa sesuai dengan selera konsumen. Konsumen juga mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dirinya bila menggunakan produk yang dibeli secara daring. Sedangkan indikator dengan tingkat kepuasan terendah adalah indikator Kemudahan Mendapatkan Produk dengan persentase 80,67% namun masih dalam kategori tinggi. Konsumen puas karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk busana yang dibelinya. Namun, konsumen juga mengalami ketidakpuasan dalam kemudahan pengembalian produk dan uang setelah produk busana yang dibelinya tidak sesuai dengan yang diunggah di ‘Komunitas Murah-Murah’. ***** This research aims to determine consumer satisfaction in purchasing fashion products in the 'Komunitas Murah-Murah' on social media X, measured based on 5 indicators; product quality, service quality, emotional, price, and ease of purchasing products. This research was performed using a quantitative approach with a descriptive research type and using a survey method. The sample studied consisted of 100 respondents based on the Cochran formula calculation. The data was collected using Google Forms and distributed through social media X. Data analysis was conducted using descriptive quantitative methods with tables, percentages, and bar diagrams. This research results show that consumer satisfaction in purchasing fashion products in the 'Komunitas Murah-Murah' on social media X received a satisfaction level of 81.89% in the high satiscation category. The indicator with the highest satisfaction level is the Emotional indicator, with a percentage of 83.33% in the very high satisfaction category. The fashion products sold are perceived to match consumer tastes. Consumers also gain the confidence that others will be impressed by them when using the products purchased online. Meanwhile, the indicator with the lowest satisfaction level is the Ease of Purchasing Products indicator, with a percentage of 80.67%, but it is still in the high satisfaction category. Consumers are satisfied because they do not have to wait long to receive the purchased fashion products. However, consumers also experience dissatisfaction in returning products and getting the refund if the purchased fashion items did not match what was posted in the 'Komunitas Murah-Murah’.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wesnina, M.Sn. ; 2). Dra. E. Lutfia Zahra, M.Pd. |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Nadia Puspita Maharani . |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:06 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |