PENGEMBANGAN APLIKASI GAME VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF JEPANG HIRAGANA DAN KATAKANA BAGI PENGGEMAR ANIME DAN MANGA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIVE CYCLE

GALIH RAHARDIAN, . (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF JEPANG HIRAGANA DAN KATAKANA BAGI PENGGEMAR ANIME DAN MANGA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIVE CYCLE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Game adalah salah satu hal yang sangat digemari semua orang untuk saat ini. Tidak jarang juga banyak orang yang sangat malas untuk belajar dan menjadi kurang termotivasi untuk melakukannya karena terlalu asik bermain game dan menganggap game lebih menarik dibandingkan buku. Hal ini tercermin pada Tingkat Indonesia yang sangat rendah dalam score PISA dalam hal minat membaca. Selain itu, anime juga sangat digemari oleh Masyarakat Indonesia pada masa ini. Hal ini dilihat dari Banyaknya nya penggemar anime dan manga di Indonesia. Namun sayang, tak semua huruf pada anime dan manga karena pada beberapa kasus huruf huruf hiragana dan katakana tersebut tidak diterjemahkan. Dengan itu penulis memutuskan untuk membuat sebuah game aplikasi visual novel yang memang banyak digemari oleh penikmat anime dan manga sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif, attraktif, serta efektif dengan menggunakan system MDLC. Hasil dari penelitian aplikasi juga ternilai sangat baik Dimana penulis berhasil mendapatkan nilai skor 97,1 persen menurut hasil tes dari Ahli media, 100 persen dari hasil tes pada ahli materi. Selain itu, aplikasi juga berhasil mendapatkan skor yang sangat baik dari tiga komponen kelayakan Dimana aplikasi mendapatkan skor 90,6 persen pada bagian interaktifitas, 91,5 persen dibagian atraktifitas, serta 91,3 persen di bidang efektivitas yang membuat tujuan penelitian dapat dicapai. ***** Games are something that is very popular with everyone nowadays. It is sometimes makes someone feel bored and become less motivated about studying because they are too busy playing games and think games are more interesting than books. This is reflected by Indonesian Pisa’s score that scored very low in terms of interest in reading. Apart from that, anime is also very popular among Indonesian people this day. This can be seen from the large number of anime and manga fans in Indonesia. But unfortunately, not all the letters in anime and manga are easy to read because in some cases the hiragana and katakana letters are not translated. With that, the author decided to create a visual novel application game which is very popular with anime and manga fans as a more interactive, attractive and effective learning medium using the MDLC system. The results of the application research were also rated very highly. The author successfully obtained a score of 97.1% based on the media expert test results and 100% from the material expert test results. Additionally, the application received excellent scores from three feasibility components, achieving 90.6% in interactivity, 91.5% in attractiveness, and 91.3% in effectiveness, which contributed to the achievement of the research objectives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lipur Sugiyanta, Ph.D 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Galih Rahardian .
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:02
Last Modified: 14 Feb 2025 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52875

Actions (login required)

View Item View Item