RAHMAT DWI GUNAWAN, . (2025) PENGEMBANGAN PELATIHAN DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL TENAGA KEPENDIDIKAN DEBIDDIKPIMKATNAS LEMHANNAS RI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover Dll.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I-PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB II-LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III-METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
Lampiran_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dampak perkembangan digitalisasi menimbulkan situasi mendesak agar organisasi segera mengintegrasikan peran teknologi dalam mendukung pekerjaanya. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 yang secara tersirat menginstruksikan agar jajaran birokrasi dalam sebuah organisasi segera melakukan perubahan pada cara kerja serta mengembangkan individu di dalam organisasi agar sesuai dengan era baru yang serba digital. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan dan mengujicoba desain pelatihan kompetensi digital dengan project based learning bagi tenaga kependidikan di Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI. Penelitian Research and Development (RnD) ini mengikuti tahap pengembangan instruksional dari Dick, Carey, & Carey, dan secara total melibatkan 25 orang tenaga kependidikan serta 4 orang ahli (evaluasi, desain instruksional, dan materi). Hasil expert review sebesar 93,7% untuk desain instruksional dan 88,8% untuk materi pelatihan menunjukkan bahwa desain instruksional dan materi pelatihan yang dikembangkan telah layak dan siap digunakan pada keadaan yang sebenarnya. Selain itu, rata-rata nilai akhir peserta pelatihan sebesar 85, menunjukkan bahwa pelatihan kompetensi digital yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan kompetensi digital tenaga kependidikan. Pengembangan pelatihan yang dilakukan dapat membantu tenaga kependidikan dalam menambah pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan media presentasi, menggunakan teknologi, memvisualisasi data, serta menambah kemampuan dalam kerja kolaboratif dan komunikasi dalam sebuah tim. ***** The impact of the development of digitalization creates an urgent situation for organizations to immediately integrate the role of technology in supporting their work. This is strengthened by the existence of Presidential Regulation Number 82 of 2023, which implicitly instructs that the ranks of the bureaucracy in an organization immediately make changes to the way of working and develop individuals in the organization to fit the new digital era. The research aims to produce and test a digital competency training design with a project-based learning for educational staff at the Deputy Office of National Level Leader Education of Lemhannas RI. This Research and Development (RnD) study followed the instructional development stages of Dick, Carey, & Carey, and in total involved 25 education personnel and 4 experts (evaluation, instructional design, and materials). The expert review results of 93.7% for instructional design and 88.8% for training materials indicate that the instructional design and training materials developed are feasible and ready to be used in actual circumstances. In addition, the average final score of trainees is 85, indicating that the digital competency training developed has been effective in improving the digital competence of education personnel. The development of training carried out can help education personnel increase knowledge and skills about making presentation media, using technology, visualizing data, and increasing abilities in collaborative work and communication in a team.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2) Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 26420 not found. |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |