PENGARUH VARIASI KUAT ARUS LISTRIK DAN WAKTU ELEKTROPLATING TERHADAP KEKERASAN, KETEBALAN LAPISAN, DAN KETAHANAN KOROSI ALUMINIUM DENGAN PELAPISAN NIKEL (Ni) (STUDI KASUS : MARINE FISHING SHIP PROPELLER).

MUHAMMAD AZWAN HAFIYYAN NURZHARFAN, . (2025) PENGARUH VARIASI KUAT ARUS LISTRIK DAN WAKTU ELEKTROPLATING TERHADAP KEKERASAN, KETEBALAN LAPISAN, DAN KETAHANAN KOROSI ALUMINIUM DENGAN PELAPISAN NIKEL (Ni) (STUDI KASUS : MARINE FISHING SHIP PROPELLER). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (934kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Korosi pada baling-baling kapal umumnya disebabkan karena turbulensi pada laju aliran yang tidak stabil dan juga karena konsentrasi garam (salinitas) yang ada pada air laut. Aluminium terkenal tahan akan korosi, namun pada kenyataanya banyak baling-baling kapal berbahan aluminium yang aus karena terkena korosi di dalam air laut. Untuk menghindari kerusakan tersebut, terdapat suatu perlakuan untuk mengurangi kerusakan pada baling-baling kapal nelayan, yaitu pelapisan permukaan logam atau coating. Pelapisan pada permukaan logam merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan aus dari suatu logam. Pada penelitian ini, pelapisan dengan metode elektroplating digunakan untuk menambahkan kekuatan dan sifat tahan korosi terhadap air laut. Elektroplating menggunakan bahan pelapis nikel sudah banyak dikenal dalam meningkatkan nilai kekerasan serta ketahanan korosi logam. Elektroplating akan dilakukan dengan memvariasikan besaran arus listrik dan juga lama waktu perendaman yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi tersebut. Variasi arus listrik dimulai dari 0.01 A, 0.04 A, 0.07 A, dan 0.10 A dan variasi waktu pelapisan dimulai dari 10 menit, 20 menit, dan 30 menit. Hasilnya nilai kekerasan bahan meningkat sebesar 118,4%, di mana aluminium yang tidak dilapis mempunyai angka kekerasan sebesar 61,50 HVN. Sedangkan nilai kekerasan tertinggi aluminium yang telah dilapis mencapai 134,32 HVN. Nilai laju korosi berhasil mengalami penurunan, di mana nilai laju korosi pada aluminium yang tidak dilapis nikel mempunyai nilai 39,12 mmpy, sedangkan pada aluminium yang telah dilapis mempunyai nilai laju korosi terbaik sebesar 7,04 mmpy. Ketebalan lapisan lapisan nikel tertinggi diraih pada variasi arus 0.10 Ampere selama 30 menit, dengan ketebalan lapisan sebesar 37 μm. ***** Corrosion on ship propellers is generally caused by turbulence due to unstable flow rates and the salt concentration (salinity) present in seawater. Although aluminum is known for its corrosion resistance, many aluminum ship propellers experience significant wear due to corrosion in seawater. To mitigate this issue, a surface treatment known as metal coating is applied to reduce damage to fishing boat propellers. Surface coating is an effective method to enhance the strength and wear resistance of metals. In this study, electroplating was employed to improve the strength and corrosion resistance of aluminum in seawater. Nickel electroplating is widely recognized for its ability to enhance both hardness and corrosion resistance in metals. The electroplating process was conducted by varying the electric current and plating duration to analyze their effects. The applied current variations included 0.01 A, 0.04 A, 0.07 A, and 0.10 A, while the plating duration was varied at 10 minutes, 20 minutes, and 30 minutes. The results showed a significant increase in material hardness by 118,4%with uncoated aluminum having a hardness value of 61,50, while the highest hardness value achieved for coated aluminum was 134,42 HVN. Furthermore, the corrosion rate was successfully reduced, with uncoated aluminum exhibiting a corrosion rate of 39,12 mmpy, whereas nickel-coated aluminum demonstrated a significantly lower corrosion rate of 7,04 mmpy. The maximum coating thickness was obtained at a current of 0.10 A for 30 minutes, achieving a layer thickness of 37 μm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Imam Basori, M.T. ; 2). Dr. Eng. Agung Premono, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Pertambangan, Metalurgi
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Muhammad Azwan Hafiyyan Nurzharfan .
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:32
Last Modified: 20 Feb 2025 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53170

Actions (login required)

View Item View Item