PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MATERI PERHITUNGAN PADA MATA KULIAH PENGANTAR PROYEK & ESTIMASI KONSTRUKSI

MUHAMAD YUSRIL MARZUKI, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MATERI PERHITUNGAN PADA MATA KULIAH PENGANTAR PROYEK & ESTIMASI KONSTRUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan tugas proyek mata kuliah Pengantar Proyek & Estimasi Konstruksi (PPEK) dan juga dapat membantu dosen pengampu mata kuliah untuk mempermudah penyampaian informasi atau ilmu perhitungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model yang dipilih ialah Four D (4-D) yang meliputi Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan) dan Disseminate (tahap penyebaran). Hasil produk video yang dibuat memiliki 27 bagian dengan durasi antara 2 – 9 menit per video. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik pengolahan data Aiken’s V untuk data para ahli sedangkan untuk data uji praktikalitas menggunakan rumus pengolahan data oleh Purwanto. Hasil validitas materi dalam pengembangan video tutorial diperoleh skor 0.75 dengan kriteria “valid”, selanjutnya hasil validitas media dalam pengembangan video tutorial diperoleh skor 0.96 dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil uji praktikalitas diperoleh “sangat praktis” untuk kejelasan materi, keterbutuhan materi, kemudahan penyampaian, penyampaian pesan, dan kemudahan pengguna, dan diperoleh hasil “praktis” untuk motivasi, ketertarikan materi, kejelasan visual, kejelasan audio, dan durasi media. ******** This research aims to develop a learning medium in the form of a tutorial video to assist students in completing project assignments for the Cost Budget Plan Course, as well as to help the course instructors to simplify the delivery of information or calculation techniques. This research using a Four D (4-D) method of model Research and Development (R&D), which includes the following stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. Data analysis in this study utilize Aiken's V technique for expert data, while practicality test data is processed using Purwanto's formula. The results show that the material validity in the tutorial video development received a score of 0.75, categorized as "valid," and the media validity received a score of 0.96, also categorized as "very valid." As for the practicality test results, the aspects of material clarity, material relevance, ease of delivery, message delivery, and user-friendliness were rated as "very practical." Meanwhile, the aspects of motivation, material engagement, visual clarity, audio clarity, and media duration were rated as "practical."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lenggogeni, M.T. ; 2). Prof.Dr. Tuti Iriani, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: MUHAMAD YUSRIL MARZUKI .
Date Deposited: 21 Feb 2025 03:48
Last Modified: 21 Feb 2025 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53211

Actions (login required)

View Item View Item